Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Masyarakat Tidak Ragu Belanja Online Selama Ramadan

7 Juni 2018
in News
Reading Time: 2 mins read
belanja online

Pendekatan Strategis untuk Mengatasi Perang Harga di Pasar Indonesia (Foto: Ilustrasi/Youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Bulan Ramadan sebentar lagi berakhir. Di momen ini nampaknya masyarakat tidak ragu untuk berbelanja online dengan bujet mereka yang cukup berlimpah. Hal ini terungkap dari hasil riset perilaku belanja online dari platform agregator, Priceza Indonesia.

Studi ini mengambil data bulan Ramadan 2017 (29 Mei–19 Juni 2017). Ketika itu, Priceza mengusung kampanye bertajuk “Ramadhan #BERSAMAPriceza”.

Co-Founder & Country Head Priceza Indonesia Bayu Irawan mengungakapkan, dari sisi finansial, ada peningkatan daya beli masyarakat selama bulan Ramadan. Pemberian THR, pengalokasian bujet pengeluaran lebih besar dari bulan-bulan sebelumnya, dan banyak hal lainnya yang pada akhirnya mendorong masyarakat kita untuk berbelanja.

“Ada delapan platform e-commerce yang terlibat sebagai sampel yaitu Elevenia, Lazada, Zalora, Bhinneka, MatahariMall, Berrybenka, Hijabenka, dan Blibli. Kesemua platform tersebut merilis voucher promosi khusus sehingga efektivitasnya bisa diukur,” ungkap Bayu dalam keterangannya, Selasa (5/6/2018) di Jakarta.

Baca juga :   Ada Kesempatan Tumbuh Di Tengah Kesulitan

Riset tersebut menunjukkan ada tiga hal menarik yang dapat menggambarkan preferensi masyarakat Indonesia dalam berbelanja online di bulan Ramadan.

Pertama, para pembelanja lebih tertarik dengan platform yang menjual barang lintas kategori, alih-alih hanya menjual kategori spesifik. Seperti Elevenia, Lazada, dan MatahariMall yang secara virtual menjual nyaris semua barang dan mereka mendapat kunjungan yang relatif lebih banyak daripada platform lain.

“Di sisi lain, Hijabenka dan Berrybenka yang fokus pada produk fesyen atau Bhinneka pada produk elektronik, mendapat antusiasme yang tidak sebesar platform lintas kategori sebelumnya. Kesimpulannya, masyarakat Indonesia senang berbelanja berbagai macam barang dalam satu tempat sekaligus,” tulisnya kembali.

Kedua, pemilihan kata dan angka (wording) berpengaruh besar terhadap program kampanye. Pada dasarnya, pasar lebih menyukai promosi yang melibatkan angka-angka bombastis dan menarik perhatian.

Baca juga :   Shopee Ajak Donasi Lewat Kampanye #ShopeebersamaPaluDonggala

Seperti misalnya program diskon sebesar Rp10 ribu seperti yang diusung Elevenia tidak mendapat respons sebaik angka atraktif 30% dari MatahariMall atau Lazada dengan 70% yang mendominasi penggunaan voucer selama masa kampanye.

Terakhir, Priceza juga menguak bahwa tidak ada hubungan erat antara kebijakan “transaksi minimum” dengan respons pembelanja online.
“Kebijakan ini tidak menyurutkan minat belanja di bulan Ramadan yang tentunya merupakan kabar baik bagi para pelaku industri. Dengan kata lain, nampaknya masyarakat tidak ragu untuk berbelanja online dengan bujet mereka yang cukup berlimpah di bulan Ramadan,” ungkap Priceza.



STEVY WIDIA

Tags: perilaku belanja onlinePriceza Indonesia
Previous Post

Antisipasi GDPR Dengan Bangun Proteksi Data yang Lebih Baik

Next Post

Ada 555 juta kunjungan Selama Shopee Big Ramadan Sale

Related Posts

Tokocabang Tokopedia
Headline

Kilas Balik Tren Belanja Online 2020 di Tokopedia

7 Januari 2021
0
Tren e-commerce 2018 Akan Mengarah ke UGC
Headline

Tren e-commerce 2018 Akan Mengarah ke UGC

6 Februari 2018
0
Priceza Bantu Belanja Online Lewat Mesin Pembanding Harga
Headline

Priceza Gelar Kompetisi Untuk Wirausaha Muda

20 Januari 2018
0
Load More
Next Post
Ada 555 juta kunjungan Selama Shopee Big Ramadan Sale

Ada 555 juta kunjungan Selama Shopee Big Ramadan Sale

AMD Hadirkan Teknologi FreeSync di Televisi QLED Samsung Tebaru

AMD Hadirkan Teknologi FreeSync di Televisi QLED Samsung Tebaru

Traveloka Sediakan Layanan Pemesanan Tiket Wisata

Traveloka Gandeng Danamas Luncurkan PayLater

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version