Mau Sukses Berjualan di Instagram, Ini Tipsnya

Akun Instagram jadi alternatif toko online bagi UKM. (Foto: istimewa/youngsters.id)

youngster.id - Media sosial selain dipergunakan untuk hiburan, juga dapat dimanfaatkan menjadi akun bisnis. Bahkan belakangan ini banyak pelaku industry kreatif membuka toko di media social, termasuk instagram.

Country Director Facebook Indonesia, Sri Widowati mengungkapkan, Indonesia masuk lima besar dunia yang pakai Instagram untuk akun bisnis.

Dari 700 juta pengguna aktif global Instagram, 80% mengikuti setidaknya satu akun bisnis. Sepertiga dari konten Instagram Stories yang paling banyak dilihat juga berasal dari akun bisnis.

Oleh karena itu, Direktur Pemasaran Produk Instagram, Susan Rose memberikan saran untuk memisahkan akun pribadi dengan akun untuk berjualan agar dapat memetakan konsumen sekaligus memahami perilaku mereka.

Selain itu, akun yang bertujuan untuk bisnis juga perlu memperhatikan keterlibatan dengan konsumen, bukan hanya menjual produk. Karena itu laman untuk bisnis juga menyediakan peralatan-peralatan (tools) yang diperlukan untuk berjualan dibandingkan dengan akun untuk pribadi.

Berikut ini beberapa tips yang Facebook Indonesia berikan jika ingin memanfaatkan akun Instagram untuk keperluan bisnis :

1. Rincian produk
Berikan rincian yang diperlukan untuk produk yang dijual, misalnya harga barang.

2. Perhatikan durasi
Jika ingin menggunakan Instagram Stories, perhatikan durasi waktu yang diberikan sekitar 15 detik per video.

3. Buat konsep
Konsep iklan yang sesuai akan membantu konsumen mengenali merk atau produk.

4. Manfaatkan tempat
Saat menggunakan Instagram Stories, video akan muncul satu layar penuh di ponsel. Manfaatkan setiap tempat yang ada agar iklan menarik.

5. Pakai stiker
Instagram Stories kini memiliki berbagai stiker dan filter yang dapat digunakan agar gambar dan video lebih bervariasi dan menarik.

STEVY WIDIA

Exit mobile version