youngster.id - Hasil survei Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada tahun 2019, menunjukkan tingkat literasi Indonesia berada pada peringkat yang rendah. Hal ini mendorong McDonald’s Indonesia menggelar program Inspirasi Literasi McD sepanjang tahun 2022 untuk meningkatkan literasi dan minat baca di kalangan anak muda.
Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia Sutji Lantyka mengatakan, program ini berupa penggalangan donasi buku bacaan anak, beasiswa pelatihan untuk guru, pelatihan kegiatan membaca nyaring atau read aloud untuk orang tua, dan penyediaan prasarana layak melalui renovasi Taman Baca Masyarakat (TBM).
“McDonald’s menyadari bahwa diperlukannya aksi nyata yang konsisten serta didukung dengan keterlibatan dari banyak pihak untuk meningkatkan literasi anak Indonesia.” kata Sutji dalam keterangan pers, Selasa (20/12/2022).
Kampanye Inspirasi Literasi McD diawali dengan inisiatif pengumpulan donasi buku dari pelanggan McDonald’s. Pada program ini, McDonald’s mengajak konsumen untuk dapat menyumbangkan buku bacaan anak yang masih layak baca di kotak donasi buku yang tersedia di 180 gerai McDonald’s di seluruh Indonesia.
Sebanyak 6.281 buku telah terkumpul dari konsumen hingga saat ini telah di distribusikan ke 120 Taman Baca Masyarakat yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Adapun pengelolaan buku dan penyebarannya, McDonald’s mendapatkan dukungan dari Forum Taman Bacaan Masyarakat (Forum TBM).
“Program donasi buku ini akan terus dilanjutkan hingga tahun depan dengan harapan dapat menyumbangkan lebih banyak buku berkualitas untuk anak-anak Indonesia,” ujar Sutji.
Melanjutkan komitmen terhadap peningkatan literasi, McDonald’s juga mengadakan program khusus bagi para guru yang berupa beasiswa pelatihan bekerja sama dengan PGRI dan Klassku. Kegiatan pelatihan ini telah diselenggarakan pada 27 Juni hingga 1 Juli 2022 secara online, dengan dua tema yang dapat dipilih oleh guru peserta, yaitu kelas Pedagogik Sains dan kelas Asesmen Sains.
Beasiswa pelatihan ini telah diberikan kepada 1.000 guru SD dari berbagai daerah di Indonesia dan seluruh partisipan telah menerima sertifikat 64JP yang diterbitkan oleh PGRI dan dapat digunakan untuk memenuhi syarat kenaikan pangkat guru.
Kegiatan lain yang yang tak kalah penting dalam perkembangan literasi anak Indonesia adalah program workshop membaca nyaring atau read aloud. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun ketertarikan anak terhadap buku.
Selanjutnya dari segi prasarana, McDonald’s Indonesia juga turut menghadirkan McD Library dengan merenovasi salah satu Taman Baca Masyarakat (TBM), yaitu Rumah Baca Zhaffa yang berlokasi di Tebet, Manggarai dan berada di bawah naungan Forum TBM.
“Kami berharap, seluruh upaya yang kami lakukan dalam kampanye Inspirasi Literasi McD baik beasiswa pelatihan untuk guru, donasi buku, renovasi TBM maupun read aloud workshop dapat bermanfaat dan tentunya akan berlanjut hingga tahun depan sehingga pada akhirnya kami dapat berkontribusi dalam meningkatkan literasi anak Indonesia,” tutup Sutji.
STEVY WIDIA