Medan Rumah Kita, Aplikasi Qlue di Medan

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin pada peluncuran resmi Medan Rumah Kita. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Masyarakat Kota Medan kini bisa mengadukan segala permasalahan perkotaan yang terjadi di lingkungan mereka melalui aplikasi Medan Rumah Kita. Aplikasi yang dapat digunakan di ponsel pintar berbasis Android ini tengah dalam masa uji coba dan pengembangan.

Pemko Medan menargetkan, peluncuran resmi Medan Rumah Kita pada akhir tahun ini. Wali Kota Medan Dzulmi Eldin menuturkan, aplikasi ini akan mendekatkan hubungan pemda dengan masyarakat.

“Masyarakat bisa melaporkan, atau menyampaikan keluhan, saran soal masalah-masalah yang mereka hadapi di lingkungan masing-masing. Nantinya, SKPD terkait akan melakukan cross check di lapangan untuk menindaklanjuti. Saya akan secara rutin memantaunya,” papar Eldin dilansir Antara baru-baru ini.

Aplikasi Medan Rumah Kita sudah terdapat banyak laporan dan keluahan masyarakat. Adapun, beberapa kategori pengaduan yang dapat disampaikan yakni mengenai sampah, jalan rusak, KTP dan Kartu Keluarga, banjir, lalu lintas, lampu/penerangan jalan, pelanggan izin bangunan, pohon tumbang, narkoba, pedagang liar, sekolah, serta gepang/anak jalanan. Aplikasi ini juga memungkinkan pengaduan yang tidak ada dalam kategori yang tersedia.

Kendati demikian, berbeda dengan Qlue, pembaruan status penanganan tidak diberi tanda bulat merah, kuning, dan hijau jika sudah ditangani. Medan Rumah Kita untuk sementara memiliki sistem pembaruan status penanganan via kolom komentar.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version