youngster.id - Konsumen yang puas berbelanja secara daring cenderung akan berbelanja kembali dibandingkan dengan konsumen yang puas saat membeli barang di toko, menurut studi dari University of Alabama dalam Journal of Retailing.
Merespon hal itu, SIRCLO, Xendit, dan Shopify mengadakan lokakarya bertajuk “Unlocking E-Commerce Mastery with Brand.com and Payment Gateway”, untuk memberikan wawasan bagi pemilik merek besar, mulai dari kategori fesyen hingga perbankan, agar dapat tumbuh dan berkembang di tengah pasar yang kian kompetitif.
Pemilik merek dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk membangun website yang seamless dengan navigasi sederhana disertai sistem pembayaran yang aman dan terjamin. Oleh karena itu, para peserta acara ini dibekali pemahaman terkait teknologi yang skalabel dan dibutuhkan pasar, pentingnya keamanan payment gateway untuk membangun kepercayaan, hingga menggunakan analisis data untuk membuat strategi yang aplikatif dan adaptif bagi setiap pasar yang dituju.
Muliadi Jeo, Chief Technology SIRCLO menjelaskan, penting bagi pemilik merek untuk memahami kapabilitas dan fungsionalitas website atau brand.com yang sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan bisnis serta ekspektasi konsumen yang kini dapat berbelanja kapanpun dan dimanapun.
“Melalui kolaborasi antara SIRCLO, Xendit, dan Shopify, acara ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang solusi teknologi platform e-commerce yang user-friendly dan terukur di setiap titik pengalaman belanja, yaitu dari momen konsumen mencari produk dalam website hingga menuntaskan pembayaran,” kata Muliadi, Senin (4/3/2024).
Menurut data Statista, market e-commerce di Indonesia merupakan yang terbesar di Asia Tenggara dengan nilai volume pasar (market volume) sebesar US$62 juta di tahun 2023, melampaui negara lainnya di kawasan ini.
Kellin Olivia, Head of Enterprise Sales Xendit menambahkan, dengan proyeksi pertumbuhan volume pasar e-commerce Indonesia yang terus meningkat, para pemilik brand saat ini memasuki era transformasi infrastruktur penjualan yang sepenuhnya terdigitalisasi.
“Harapan kami, acara ini akan memberikan wawasan yang mendalam kepada para pelaku bisnis, membantu mereka membangun kepercayaan dan mempererat hubungan dengan konsumen melalui pengalaman belanja daring yang menyenangkan dan aman. Langkah ini selaras dengan misi Xendit untuk menyediakan infrastruktur pembayaran yang simpel, otomatis, dan terintegrasi dengan berbagai metode pembayaran, mendukung pertumbuhan bisnis secara eksponensial,” kata Kellin
Acara kolaborasi antara SIRCLO, Xendit, dan Shopify ini ditujukan memberikan edukasi kepada pemilik merek agar tetap adaptif dan inovatif di era digital yang kian dinamis. Wawasan dan strategi yang dibagikan bertujuan mendukung bisnis dalam menavigasi dinamika pasar yang terus berubah, serta menjadi wadah untuk saling belajar dan bertukar ide sehingga dapat menjadi yang terdepan di ranah e-commerce.
“Sangat penting bagi bisnis untuk tetap kompetitif dan relevan di tengah pasar yang bergerak secara dinamis. Dalam hal ini, Shopify terus berinovasi dalam menghadirkan layanan commerce yang canggih, andal, dan dapat dikostumisasi oleh pemilik merek di Indonesia agar mampu beradaptasi dan tumbuh secara skalabel,” imbuh Frankie Ng, Business Development Lead Shopify.
STEVY WIDIA
Discussion about this post