Membangun Nasionalisme Anak Lewat Komik Sejarah

Komik-komik sejarah di mobile aplikasi Kipin School 4.0. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Untuk lebih memperkenalkan anak-anak akan sejarah bangsa, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah Jawa Timur, memproduksi menerbitkan buku-buku sejarah yang dikemas menarik dalam bentuk komik dan ditampilkan di mobile aplikasi Kipin School 4.0.

“Kita perlu mengadakan semacam pelatihan pembuatan media pembelajaran online untuk guru-guru sejarah, agar mereka bisa membawakan pelajaran sejarah dengan menarik dan disukai oleh siswa” kata Hermawan, ketua MGMP Sejarah Jawa Timur dalam keterangan resmi, Jumat (25/9/2020).

Menurut dia, salah satu perbaikan yang dapat diusahakan adalah bentuk penyediaan referensi sejarah yang menarik bagi anak-anak. Gebrakan untuk menyediakan referensi sejarah bagi pelajar di Indonesia lewat komik. Tiap komik bergambar mengangkat kisah satu per-satu pahlawan Indonesia yang pernah memperjuangkan kemerdekaan. Cerita dibuat tidak terlalu panjang namun padat, dengan bahasa yang ringan namun tetap baku.

Perpaduan ini membuat komik sejarah yang diterbitkan cocok dibaca anak segala usia, mulai dari usia SD hingga SMA. Tidak terlalu berat bagi anak usia SD, dan tidak terlalu membosankan bagi anak usia SMA.

Beberapa contoh judul yang telah terbit yakni Pejuang Emansipasi Wanita (kisah R.A. Kartini), Pahlawan Pendidikan (kisah Ki Hadjar Dewantara) dan Pahlawan Wanita Pemberani (kisah Cut Nyak Dien), Pejuang Muda Dari Timur (Martha Tiahahu) dan masih ada beberapa lain. Alur cerita dan segala aspek informasinya disesuaikan dengan cerita sejarah yang sesungguhnya.

Bahkan untuk menjaga kualitas unsur edukasinya, MGMP SMA Sejarah Jawa Timur bekerjasama dengan berbagai sumber yang berpotensi di bidangnya. Guru sejarah, dan beberapa sumber lainnya menjadi final editor komik, sehingga kredibilitas komik tetap terjamin meski sudah dimodifikasi, disingkat atau diilustrasikan dengan gambar.

“Setelah mengenal dengan baik perjuangan para pahlawan bangsa, dapat muncul rasa kagum dan bangga pada diri individu yang akan membuatnya ingin meneruskan perjuangan. Tidak hanya itu, memahami identitas bangsa juga dapat mendorong setiap orang untuk membentuk karakter diri yang sesuai dengan karakter bangsanya,” kata Hermawan lagi.

Buku-buku sejarah yang dikemas menarik dalam bentuk komik dan ditampilkan di mobile aplikasi Kipin School 4.0 yang bisa didapatkan via android, iOS dan Windows 10.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version