Mendorong Brand Kecantikan dan Fesyen Lebih Berdaya dengan Penyediaan Solusi Berteknologi AI dan AR

AI Face Detector

Mendorong Brand Kecantikan dan Fesyen Lebih Berdaya dengan Penyediaan Solusi Berteknologi AI dan AR (Foto: Ilustrasi)

youngster.id - Pemanfaatan teknologi AI (artificial intelligence) di dunia fesyen sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru, tapi pemanfaatan AI generatif yang muncul beberapa tahun terakhir baru mulai dilakukan oleh industri fesyen. Walau baru dimulai, tapi berbagai pihak memprediksi bahwa pemanfaat AI generatif akan membantu mendorong perkembangan segala aspek bisnis secara signifikan.

Salah satunya adalah McKinsey & Company yang hasil analisisnya pada 2023 menyebutkan bahwa dalam rentang 3—5 tahun ke depan, AI generatif dapat menambah US$150—275 milyar sebagai laba operasional sektor busana, fesyen, dan barang-barang mewah. Selain itu, laporan The State of Fashion 2024 yang dirilis oleh Business of Fashion (BoF) dan McKinsey juga menyebutkan bahwa industri fesyen akan lebih serius mengeksplorasi potensi AI generatif. Bahkan 73 persen dari pelaku bisnis menyebutkan bahwa AI generatif akan menjadi prioritas mereka untuk mengembangkan bisnis pada 2024.

Keseriusan dalam memanfaatkan teknologi AI tidak lepas dari meningkatnya jumlah konsumen yang memilih untuk berbelanja produk-produk fesyen secara daring, mulai dari busana, tas, sepatu, hingga aksesori. Namun pilihan ini memiliki beberapa kendala dan tantangan, di antaranya adalah standarisasi ukuran produk yang masih tidak konsisten, bentuk dan ukuran tubuh konsumen yang beragam, serta rumitnya proses berbelanja secara daring tanpa disediakan bantuan.

Membantu menjawab tantangan ini, Perfect Corp. sebagai perusahaan yang menyediakan solusi berteknologi AI dan AR untuk kecantikan dan fesyen, telah mengembangkan berbagai inovasi untuk membantu brand perhiasan, jam tangan, make up, dan kacamata dalam memberi layanan personal bagi konsumen. Inovasi-inovasi yang memanfaatkan teknologi AI metode machine learning ini dapat membantu konsumen mendapatkan kepuasan dari proses berbelanja produk fesyen, sehingga tercipta loyalitas dan penjualan produk yang meningkat.

“Perfect Corp. terus berusaha mewujudkan komitmen kami dalam menyediakan teknologi canggih yang memberdayakan brand dan peritel di industri kecantikan dan fesyen, agar mereka dapat memberi pengalaman berbelanja yang imersif dan memuaskan. Solusi berteknologi AI dan AR berupa Virtual bracelet sizer dan Face shape detector akan membantu meningkatkan kemampuan brand dan peritel dalam merekomendasikan produk fesyen yang tepat, meningkatkan pengalaman berbelanja, dan mendorong kesuksesan bisnis,” kata Alice Chang, CEO dan Founder Perfect Corp, dikutip Sabtu (7/9/2024).

Misalnya, baru saja Perfect Corp. menghadirkan all-new PerfectGPT, perangkat AI-powered Advisor yang memudahkan perjalanan konsumen dalam pencarian produk kecantikan dan fesyen dengan menjawab kebutuhan mereka dan keinginan mereka pada saat itu. Berdasarkan hasil keinginan konsumen dan bentuk fisik yang unik dari masing-masing konsumen, PerfectGPT dapat memberi rekomendasi produk yang paling sesuai untuk konsumen, bahkan dapat memberi tutorial merias wajah menggunakan produk-produk tersebut. Layanan ini tersedia 24 jam per hari hanya dalam satu genggaman dalam smartphone.

Penggunaan alat ini dapat membantu brand dan peretail perhiasan, kacamata, dan make up untuk memberi layanan personal serta pengalaman berbelanja daring yang realistis bagi konsumen. Diikuti dengan penggunaan virtual try-on, konsumen menjadi semakin mudah untuk memilih produk yang paling sesuai dan meningkatkan rasa percaya diri dengan produk yang ia beli. Pada akhirnya, pemanfaatan teknologi AI dan AR ini dapat membantu meningkatkan penjualan produk dan mengurangi potensi produk dikembalikan oleh konsumen.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version