Meningkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Calon Investor

Literasi dan Inklusi Keuangan

Meningkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Calon Investor (Foto: Ilustrasi)

youngster.id - Animo masyarakat, terutama kalangan milenial dan Gen Z, dalam berinvestasi terus meningkat. Namun dalam melakukan investasi, tentunya investor juga harus mengetahui tujuan melakukan investasi dan resiko yang dimiliki. Untuk menjadi investor yang bijak, diperlukan pengetahuan serta ilmu yang mencukupi.

Untuk itu diperlukan kontribusi semua pihak (stake holder), baik pemerintah, otoritas keuangan dan pelaku industri, dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan yang dilakukan OJK pada tahun 2013 menunjukkan peningkatan pada presentasi sekitar 21,8%. Lalu, meningkat menjadi 29,7% di tahun 2016 dan terus meningkat pada tahun 2019 mencapai 38,3%.

Breggy Anderson, Presiden Direktur OneAset mengatakan, dengan tren yang terus positif, pihaknya berharap dapat terus meningkatkan angka literasi keuangan dan memberikan akses lebih luas bagi siapapun untuk melakukan investasi.

Untuk tujuan itu, aplikasi keuangan digital ini mengembangkan beberapa fitur untuk membangun sebuah ekosistem investasi, termasuk memberikan edukasi. Misalnya, ada fitur Akademi, yang menyediakan segala konten pembelajaran keuangan yang lengkap mulai dari kategori: asuransi, emas, saham, reksadana, aset kripto bahkan NFT. Semua konten yang disuguhkan, sangat cocok buat investor pemula yang baru mau memulai berinvestasi.

Lalu, ada Fitur Komunitas yang dapat membantu, terutama investor pemula, untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan agar semakin lihai dalam membuat analisa saat berinvestasi.

Fitur Komunitas menghadirkan berbagai grup pembahasan serta bergabungnya para influencer dari industri keuangan ternama di Indonesia seperti Melvin Mumpuni, Doddy Prayogo, Andy Senjaya, Dennis SLL dan segera bergabung banyak lagi ke depannya.

Pengguna dapat berinteraksi dengan sesama pengguna lainnya seperti memberikan komentar, share dan like pada postingan atau topik-topik yang menarik dan sedang viral. Terdapat juga fitur hashtag dan tagging sesama pengguna yang ada di fitur komunitas, dan yang paling serunya, pengguna bisa follow akun-akun yang menarik perhatian.

“Kami ingin pengguna dan para influencer yang sudah bergabung di Komunitas aplikasi OneAset untuk dapat saling berinteraksi dan berbagi ilmu serta mempunyai sebuah support system yang mencukupi untuk segala kebutuhan para pengguna aplikasi OneAset. Seluruh artikel atau topik yang ada di fitur Komunitas diharapkan bisa menjadi panduan dan fondasi yang kuat untuk perencanaan keuangan para penggunanya dan OneAset berkomitmen untuk terus memberikan produk-produk dan layanan investasi terbaiknya.” ujar Breggy, Selasa (30/8/2022).

Menurut Breggy, hingga Agustus 2022, sudah tercatat lebih dari 180,000 pengguna telah bergabung dan lebih dari 50,000 pengguna setiap harinya berinteraksi di dalam Komunitas OneAset. Selain fitur Komunitas, sejumlah produk investasi terkini ditargetkan untuk meluncur hingga akhir tahun 2022 ini yang tentunya diiringi dengan promosi dan hadiah yang menarik.

Pengguna aplikasi OneAset dapat meraih hadiah berupa Aset Coin cukup dengan membaca konten yang terdapat di fitur Keuangan aplikasi OneAset. Selain itu, pengguna yang beruntung juga bisa mendapatkan Aset Coin dengan mengajak teman atau keluarga untuk mendaftar dan menyelesaikan proses registrasi aplikasi OneAset. Masing-masing berkesempatan mendapatkan 10,000 Aset Coin bagi pengundang dan orang yang berhasil mendaftar di aplikasi OneAset. Sudah lebih dari 1 juta pengguna yang berpartisipasi dalam promo ini dan berhasil meraih hadiahnya.

“OneAset berkomitmen untuk terus mengembangkan fitur-fitur menarik yang dapat meningkatkan aktivitas para pengguna komunitas aplikasi OneAset. Nantikan juga undian-undian dengan hadiah menarik lainnya pada peluncuran fitur topik-topik terpilih,” pungkas Breggy. (*AMBS)

 

Exit mobile version