youngster.id - Guna memperkenalkan entrepreneurship kepada mahasiswa sejak dini, serta menanamkan nilai-nilai kewirausahaan yang kreatif, inovatif dan revolusioner. UKM Center UI mengadakan acara “Road to Creativepreneur” di Student Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI, Rabu (31/5/2016).
Salah satu pembicara, Yeheskiel Zebua, Sales&Marketing Coach, membagikan kiat-kiat untuk menjadi manusia yang unggul sekaligus menjadi seorang wirausahawan yang mampu menjual produk-produknya dengan baik.
Menurutnya, ada 4 kiat yang bisa dijalankan oleh semua yang ingin berkecimpung dalam dunia usaha semenjak dini. Pertama, memperluas networking. “Kalau bisa Anda harus punya teman minimal 1000 orang, tapi jangan sembarang orang. Namun orang-orang yang mau berkembang,” ujarnya.
Kedua, masalah kepercayaan. Kepercayaan yang terbangun dengan baik akan menjadi strategi pemasaran yang paling baik yang akan menghasilkan pelanggan-pelanggan produk yang loyal.
Ketiga, masalah packaging. “Survei membuktikan bahwa 80% orang membeli sesuatu bukan hanya karena kualitas produknya, namun juga masalah penampilan dan pelayanan dari suatu produk tersebut,” tambahnya. “Ini juga berlaku di tingkatan individu. Produk yang baik adalah representasi dari kita, begitu juga sebaliknya. Kita harus memaksimalkan penampilan kita saat bertemu orang lain agar terkesan rapi, bersih, dan cocok dengan situasi dan kondisi,” tambahnya.
Keempat, pintar bernegosiasi. Menurutnya, sebelum memulai suatu negosiasi, seseorang harus mempersiapkan standing point, rules mengenai apa yang bisa dan tidak bisa.
Setelah itu menyiapkan highlight produk/materi/keinginan yang ingin disampaikan dengan singkat, padat, dan jelas. Terakhir adalah mencari batas kompromitas antara keinginan pribadi kita dengan keinginan lawan bicara kita.
Semua kiat tersebut dapat dilaksanakan di berbagai tingkat, baik secara individu maupun perusahaan besar ataupun di unit-unit usaha kecil.
MARCIA AUDITA
Editor : Stevy Widia