Menperin Ajak Investor Korsel Berbisnis e-Commerce di Indonesia

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kiri), pada acara The 8th Asian Leadership Conference bersama Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas T Lembong (tengah) Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia Triawan Munaf (kanan) di Korea Selatan, 4 Juli 2017. (Foto: Kemenperin/Youngsters.id)

youngster.id - Pemerintah terus memacu pengembangan industri kecil dan menengah (IKM) di Indonesia. Termasuk menarik investor asing dari Korea Selatan mengembangkan bisnis e-commerce di Indonesia.

Saat jadi pembicara pada The 8th Asian Leadership Conference di Seoul, Korea Selatan, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengajak investor asal Korea Selatan meramaikan bisnis e-commerce di Indonesia.

“Kami telah meluncurkan program e-smart IKM. Langkah ini sekaligus menghadapi era Industri 4.0,” kata Airlangga melalui siaran pers di Jakarta, Rabu.

Pada acara bertema Invest in Indonesia: Nation of Abundant Natural and Human Resources
Airlangga memaparkan, pihaknya telah menyiapkan empat langkah strategis agar Indonesia siap mengimplementasikan teknologi dan inovasi yang mendukung revolusi industri keempat.

“Pertama, pengembangan human resources lewat vocational school. Kedua, pemanfaatan teknologi digital untuk memacu produktivitas dan daya saing bagi industri kecil dan menengah (IKM) melalui e-Smart IKM,” sebutnya.

Kemudian, ketiga, penggunaan teknologi digital seperti Big Data, Autonomous Robots, Cybersecurity, Cloud, dan Augmented Reality. Keempat, inovasi teknologi melalui pengembangan startup dengan memfasilitasi tempat inkubasi bisnis.

“Kami menyadari kekuatan ekonomi Korea Selatan ada pada inovasi. Kami juga sebentar lagi punya apple innovation center dan beberapa perusahaan juga tertarik untuk membangun pusat inovasinya,” ungkap Airlangga.

Lebih lanjut Airlangga mengatakan, investasi asal Korsel Lotte ingin mengubah tujuan utama pasar ekspornya, tidak lagi ke Tiongkok karena persaingan dengan produk domestiknya cukup tinggi, tetapi ke Indonesia yang dipandang potensial.

“Kami juga telah mengusulkan agar perusahaan kosmetika Korea Selatan bisa ekspansi ke Indonesia, misal untuk proses packaging,” ujarnya. Bahkan, Lotte berminat untuk berbisnis di sektor keuangan.

“Hal ini bisa dilakukan melalui approval dari financial authority. Paling mudah lewat multi finance. Kami pun menawarkan mereka untuk ambil peluang di startup bila ingin membangun financial company, seperti yang dilakukan perusahaan Jepang, misalnya Softbank,” katanya lagi.

STEVY WIDIA

Exit mobile version