Jumat, 9 Mei 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Meski “Anak Baru” ShopeePay Pimpin Pertumbuhan Dompet Digital Q1 2021

3 Maret 2021
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
shopeepay

ShopeePay. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Penggunaan dompet digital marak di Indonesia. Di kuartal pertama 2021, dompet digital ShopeePay menduduki peringkat pertama. Ini merupakan gebrakan mengejutkan mengingat ShopeePay baru beroperasi pada Agustus 2020.

Prestasi ShopeePay ini berdasarkan hasil riset digital Neurosensum dengan studi khusus berfokus pada penggunaan e-wallet sebagai medium transaksi digital 1.000 responden pengguna aktif e-commerce berusia produktif (19-45 tahun) secara serentak di 8 kota besar di Indonesia, yaitu kawasan Jabodetabek, kota-kota besar di pulau Jawa, serta kota besar lainnya di Indonesia, selama 3 bulan terakhir (November 2020 – Januari 2021).

“Adopsi ShopeePay sangat kencang. Penetrasi pasarnya langsung melejit ke angka 68%. Pengguna kita biasa belanja online pakai ShopeePay,” kata Tika Widyaningtyas, Research Manager Neurosensum Indonesia dalam konferensi pers virtual, Selasa, (2/3/2021).

Baca juga :   Go-Pay Edukasi UMKM Lewat Forum Pedagang Baik

Di bawah ShopeePay menempel OVO yang mendapat penetrasi pasar sebesar 62 %. Kemudian disusul DANA 54%, GoPay 53%, dan LinkAja 23%. Peran pemasaran cerdas dan terpadu, kemudahan bertransaksi digital, dan akselerasi penggunaan dompet digital untuk pembayaran non-fisik, mendorong ShopeePay menduduki tahta juara dengan pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi (29% dari total). Lalu diikuti oleh OVO (25% dari total), GoPay (21% dari total), DANA (20% dari total), dan LinkAja (6% dari total). Hal ini pun diikuti dengan nilai transaksi tertinggi dari belanja offline dan online menggunakan ShopeePay (33%) yang mengalahkan OVO (24%), GoPay (19%), DANA (18%), LinkAja (6%).

Di sisi lain, secara frekuensi pun ShopeePay berhasil menjadi pilihan dompet digital dengan frekuensi transaksi tertinggi (14,4 kali per bulan). Posisi brand lain terdiri dari OVO (13,5 kali per bulan), GoPay (13,1 kali per bulan), DANA (12,2 kali per bulan), LinkAja (8,2 kali per bulan).

Baca juga :   Sediakan Dana Hibah SGD250.000, DBS Foundation Kembali Gelar DBS Social Enterprise Grant 2022

Hasil riset Neurosensum menemukan bahwa dalam tiga bulan terakhir, arena persaingan dompet digital semakin dinamis dengan hadirnya pemain baru, yaitu ShopeePay. Meski belum genap setahun hadir di Indonesia, ShopeePay memimpin pembayaran digital untuk belanja online. Hal ini terutama untuk produk yang tidak hanya mengandalkan bantuan pemasaran, tetapi juga berdasarkan ulasan dari pengguna yang telah memesan sebelumnya.

“Riset dompet digital ini tidak hanya mengukur pangsa pasar saja. Kami mencoba untuk mencari tahu dengan menghitung kualitas riset menggunakan metode Q&A guna mendapatkan Why, serta menarik kesimpulan lanskap dompet digital yang aktif di Indonesia selama 3 bulan terakhir,” kata Tika Widyaningtyas, Research Manager, Neurosensum Indonesia.

Baca juga :   SMI Peroleh Pendanaan US$700 Juta untuk Bangun Infrastruktur Berkelanjutan

Mahesh Agarwal, Managing Director, Neurosensum Indonesia mengatakan, sebagai perusahaan riset konsumen berbasis neuroscience dan AI. “Kami berkomitmen untuk menghadirkan data bermakna dalam memperdalam studi akan perilaku konsumen. Hasil data riset tersebut bermanfaat untuk kemudian ditelaah dan dipelajari lebih lanjut demi menyempurnakan pengetahuan dalam mengambil langkah merencanakan strategi pemasaran dan bisnis di dalam peta industri yang lebih luas,” jelas Mahesh.

 

FAHRUL ANWAR

Tags: danadompet digitalGoPayLinkAjaNeurosensumOVOShopeePay
Previous Post

Sebar Semangat Positif Bagi Generasi Muda, Blibli Gandeng Visinema Luncurkan Web Series

Next Post

Layanan Kesehatan Digital Meningkat Tajam di Tengah Pandemi

Related Posts

Program SisBerdaya dan Disberdaya 2025 Ajak Pelaku UMKM Perempuan Belajar Bisnis dan Teknologi AI
Headline

Program SisBerdaya dan Disberdaya 2025 Ajak Pelaku UMKM Perempuan Belajar Bisnis dan Teknologi AI

8 Mei 2025
0
IM3 Gandeng DANA Permudah Aktivasi & Pembayaran eSIM
News

IM3 Gandeng DANA Permudah Aktivasi & Pembayaran eSIM

24 Maret 2025
0
Dompet Digital DANA Sudah Implementasi QRIS TAP
News

Dompet Digital DANA Sudah Implementasi QRIS TAP

18 Maret 2025
0
Load More
Next Post
Jovee, Aplikasi Edukasi Gaya Hidup Sehat

Layanan Kesehatan Digital Meningkat Tajam di Tengah Pandemi

Sinergi Telkom dan BPH Migas Hadirkan Digitalisasi di Sektor Hilir Untuk Pengawasan Distribusi BBM dan Gas Bumi

Sinergi Telkom dan BPH Migas Hadirkan Digitalisasi di Sektor Hilir Untuk Pengawasan Distribusi BBM dan Gas Bumi

seed award 2019

SEED Award 2021, Penghargaan Untuk Wirausaha Berdampak Positif Terhadap Lingkungan

Discussion about this post

Recent Updates

HSBC Indonesia Business Case Competition 2025

Universitas Katolik Parahyangan Juara “HSBC Indonesia Business Case Competition 2025”

8 Mei 2025
Fore Coffee

Setelah IPO, Fore Coffee Buka “Fore Experience”

8 Mei 2025
Honda x Team Liquid

Bidik Gen Z Melalui eSports, Honda Gandeng Team Liquid Indonesia

8 Mei 2025
pembiayaan DINFRA - CFR

Dorong Akselerasi Pendanaan Ketahanan Iklim, BRI-MI Inisiasi Pembiayaan DINFRA-CRF

8 Mei 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Sylvia Surya

Sylvia Surya : Sukses “Mengembangbiakan” Kedai Kopi Melalui Cara Waralaba

14 April 2022
Princeton Digital Group (PDG)

PDG Peroleh Pendanaan Hijau Rp1,7 Triliun dari Bank DBS & UOB Indonesia

13 Maret 2025
Tokopedia dan TikTok Shop Perkuat Sinergi Untuk Dukung Penjual di Kedua Platform

Tokopedia dan TikTok Shop Perkuat Sinergi Untuk Dukung Penjual di Kedua Platform

18 Maret 2025
Sashia, Presa, Jenda, & Kevin : Meraup Sukses Lewat Bisnis Kuliner Makanan Khas Hawaii

Sashia, Presa, Jenda, & Kevin : Meraup Sukses Lewat Bisnis Kuliner Makanan Khas Hawaii

4 September 2017
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
HSBC Indonesia Business Case Competition 2025

Universitas Katolik Parahyangan Juara “HSBC Indonesia Business Case Competition 2025”

8 Mei 2025
Fore Coffee

Setelah IPO, Fore Coffee Buka “Fore Experience”

8 Mei 2025
Honda x Team Liquid

Bidik Gen Z Melalui eSports, Honda Gandeng Team Liquid Indonesia

8 Mei 2025
pembiayaan DINFRA - CFR

Dorong Akselerasi Pendanaan Ketahanan Iklim, BRI-MI Inisiasi Pembiayaan DINFRA-CRF

8 Mei 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version