youngster.id - Meta akan membuka sebuah toko virtual yang menjajakan beragam produk dari merek fashion kenamaan. Toko ini tidak menawarkan pakaian sungguhan, melainkan pakaian yang bisa dipakai oleh avatar pengguna layanan milik Meta.
Dikutip dari The Verge, Senin (20/6/2022), toko ini menyajikan beberapa produk dari Prada, Belanciaga, dan Thom Browne. Pakaian yang ditawarkan pun beragam, mulai dari hoodie, jas, hingga outfit untuk berkendara. Nantinya, pakaian yang dibeli dari toko ini dapat dipakai oleh avatar pengguna yang ada di Facebook, Instagram, termasuk Messenger.
CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan, nanti akan lebih banyak brand yang bergabung dengan toko ini.
“Barang digital akan menjadi cara penting untuk mengekspresikan diri kamu di metaverse dan pendorong besar ekonomi kreatif,” tulis Mark dalam unggahannya di Facebook.
Meski sudah diumumkan, Meta belum mengungkap kapan toko ini akan meluncur, berikut cara mengakses toko virtual ini. Perusahaan hanya menyebut toko ini akan meluncur dalam waktu dekat.
Sebelumnya, Meta juga mengumumkan toko fisik pertamanya, Meta Store, yang dibuka pada 9 Mei 2022 di lingkungan salah satu kantornya di Burlingame, California, Amerika Serikat.
Di toko ritel itu, perusahaan induk Facebook itu akan menjual dan memamerkan berbagai produk perangkat keras mereka, yaitu alat-alat yang dibutuhkan untuk mengakses dunia virtual atau metaverse.
“Di Meta Store, kami ingin Anda berinteraksi dengan semuanya. Kami ingin Anda mencoba barangnya. Kami ingin Anda merasakannya,” demikian pernyataan resmi Meta.
Martin Gilliard, Head of Meta Store, mengatakan, saat seseorang mendapatkan pengalaman menggunakan sebuah teknologi, mereka akan memberikan apresiasi yang lebih baik untuk itu.
“Jika kami melakukan pekerjaan kami dengan benar, orang-orang harus pergi dan memberi tahu teman-teman mereka, ‘Kamu harus melihat Meta Store,'” kata Gilliard.
Di toko ini, Meta mengatakan pengunjung bisa menjajal Meta Portal dan Ray-Ban Stories, serta mengeksplorasi realitas virtual (virtual reality/VR) menggunakan versi demo dari Meta Quest 2.
Selain itu, perusahaan yang menaungi Instagram dan WhatsApp itu juga menyediakan saluran penjualan daring Meta Portal, Ray-Ban Stories, dan Meta Quest, melalui bagian Shop di meta.com.
Meta Store juga menyediakan area demo imersif di mana pengunjung bisa mencoba Beat Saber, GOLF+, Real VR Fishing, atau Supernatural di layar LED melengkung besar yang menampilkan tampilan di headset.
Pengunjung toko fisik Meta ini juga bisa mendapatkan klip mixed reality selama 30 detik, yang diambil dari pengalaman demo yang bisa dibagikan.
STEVY WIDIA