youngster.id - Profesi sebagai kreator konten (content creator) memang masih dipandang sebelah mata bagi sebagian masyarakat. Padahal, perkembangan sosial media telah melahirkan banyak kreator konten yang sukses.
Hal ini mendorong Meta berupaya agar kreator di Instagram dan Facebook benar-benar bisa menjadi sebuah profesi. Tim Kemitraan meluncurkan Creators of Tomorrow. Yakni, kumpulan kreator digital dari seluruh Asia-Pasifik.
Di Indonesia, ada Agung Karmalogy, kreator komedi; Anastasia Siantar, kreator fesyen; Sally Tanudjaja, kreator fitness; dan Arya Berburu Kuliner, kreator kuliner. Selain itu ada Reels Squad, sebuah tim yang terdiri dari kreator Reels-first kreatif yang Meta pilih secara langsung.
Direktur Kemitraan Kreator untuk Meta di Indonesia dan Asia Tenggara Revie Sylviana mengatakan, Meta akan terus berkolaborasi dengan kreator untuk membantu menumbuhkan audiens dan mengubah hobi jadi profesi.
”Ada program @creators di Instagram dan Meta for Creators di Facebook yang sudah kami lakukan. Meta terus membantu kreator lebih mudah mengekspresikan berbagai ide kreatif melalui berbagai fitur terbaru yang disediakan di berbagai lini platform Meta,” ungkap Revie dalam keterangannya baru-baru ini.
Selain itu, pihak Meta juga sudah meluncurkan beberapa inisiatif untuk menumbuhkan dan memberikan wadah bagi kreator Tanah Air.
Di kuartal ketiga tahun ini, Meta mengumumkan bahwa sekarang ada lebih dari 140 miliar konten Reels yang diputar setiap hari di Facebook dan Instagram. Reels sendiri memiliki tingkat pendapatan tahunan sebesar US$3 miliar dari kedua aplikasi.
STEVY WIDIA
Discussion about this post