youngster.id - Bukalapak berhasil meningkatkan jumlah pelapaknya dari 400 ribu pelapak di 2015 menjadi 1,3 juta pelapak di 2016. Jumlah pageview juga meningkat tajam dari 800 juta di 2015 menjadi 13,4 miliar di 2016.
“Misi Bukalapak adalah menaikkelaskan pelaku UKM di Indonesia. Kita ingin penghasilan mereka semakin meningkat, sehingga bisa menabung dan memberikan pendidikan yang tinggi untuk anak-anaknya,” kata Achmad Zaky Co-Founder dan CEO Bukalapak, pada perayaan tujuh tahun Bukalapak, belum lama ini di Jakarta.
Zaky mengatakan komunitas yang dimiliki Bukalapak merupakan kekuatan terbesar dari Bukalapak yang tidak dimiliki marketplace lain. Saat ini Bukalapak memiliki anggota komunitas Pelapak yang tersebar di lebih dari 80 kota.
“Dengan 1,3 juta pelapak yang bergabung dan berhasil menciptakan lapangan kerja baru, pendapatan Bukalapak di 2016 naik 20 kali lipat, selangkah lagi menuju profitabilitas,” tegas Zaky.
Lewat komunitas ini, para pelapak dapat belajar dan berkembang bersama, serta saling memotivasi untuk meningkatkan kapabilitas dalam berjualan di platform Bukalapak.
Selain itu, adanya “Penggerak Pelapak” juga merupakan usaha dari Bukalapak untuk turun langsung ke jalan, mengajak dan mengajarkan para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang masih berjualan secara tradisional agar go online.
STEVY WIDIA
Discussion about this post