Mitra Kerinci Kenalkan Potensi Bisnis Teh Kepada Generasi Muda

Guna mengenalkan potensi bisnis teh kepada generasi muda, PT Mitra Kerinci menggelar workshop di SMK Rajawali, Madiun (Foto: Mitra kerinci/Youngsters.id)

youngster.id - Guna mengenalkan potensi teh Tanah Air kepada generasi muda, PT Mitra Kerinci menggelar workshop bisnis teh di SMK Rajawali, Madiun, Jawa Timur.

Acara yang juga bertujuan membuka wawasan mengenai perkembangan industri dan peluang bisnis teh di Indonesia ini diikuti oleh lebih dari 300 anak didik SMK Rajawali.

Selain workshop, SMK Rajawali Madiun juga menggelar Kuliah Umum (CEO Talk) dengan tema “Menyiapkan SDM yang Siap Kerja” yang bertujuan mempersiapkan generasi muda di bidang perkebunan yang berkarakter dan handal.

“Sebagai bagian dari BUMN teh, Mitra Kerinci sangat antusias dapat mengenalkan tentang teh Indonesia, peluang bisnis dan lapangan pekerjaan di industri ini kepada siswa-siswi SMK Rajawali yang memiliki spesialisasi sebagai SMK Perkebunan,” ujar Yosdian Adi Pramono, Direktur Mitra Kerinci, dalam keterangan tertulisnya.

Yosdian menambahkan, bisnis Teh Indonesia saat ini terus mengalami penurunan sehingga butuh tenaga-tenaga muda yang handal untuk dapat mendongkraknya produktivitas ke level 5 besar dunia.

“Saat ini Indonesia menjadi negara penghasil teh nomor delapan dunia dengan produksi 150 ribu ton, terus melorot dari 10 tahun sebelumnya yang berada pada urutan keempat produsen teh terbesar dunia,” ungkapnya.

Sementara itu, pada sesi Kuliah Umum yang dilaksanakan pada hari kedua, 21 Januari 2017, Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi PT RNI Agung P Murdanoto, memotret tantangan dan peluang kerja generasi Y Indonesia yang semakin penuh dengan persaingan. Ia mengatakan, sudah menjadi keharusan anak muda seperti lulusan SMK Rajawali selain dibekali skill juga dibekali kreatifitas agar berdaya saing global.

“Cara melatih kreatifitas adalah dengan mendorong diri untuk meklakukan perubahan sekecil apapun dan dimanapun berada, karena hanya dengan perubahan lingkungan akan memperhatikan kita,” paparnya.

PT Mitra Kerinci merupakan anak usaha PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) yang mengelola perkebunan teh di Sumatera Barat. Perkebunan tehnya yang dikenal dengan kebun Teh Liki merupakan salah satu kebun teh terluas di dunia dalam satu hamparan dengan luasan 2.025 Ha terletak di Kaki Gunung Kerinci, Solok Selatan, Sumatra Barat. PT Mitra Kerinci juga mengelola Pabrik Teh Hijau dengan kapasitas olah terbesar di Asia Tenggara yaitu, 75 ribu Kg teh hijau per hari.

 

ANGGIE ADJIE SAPUTRA

Exit mobile version