youngster.id - Tokopedia melalui Mitra Tokopedia menggelar kampanye Semangat Ku4t yang digelar bersamaan dengan perayaan ulang tahun keempat layanan ini. Kampanye ini ditujukan sebagai apresiasi mitra usaha tradisional yang selama ini sudah menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia untuk mulai dan mengembangkan usahanya.
“Mitra Tokopedia memberikan panggung seluas-luasnya bagi pegiat usaha tradisional agar bisa beradaptasi dengan perubahan era lewat pemanfaatan teknologi,” tutur Karina Susilo Head of New Retail Tokopedia, dalam keterangan pers, Jumat (4/11/2022).
Dia menjelaskan, kampanye ini hadir dengan menggelar kompetisi Cerita Kampung Mitra Tokopedia. Dalam kompetisi ini, para mitra menceritakan kisah mereka selama menggunakan Mitra Tokopedia untuk mendukung bisnis yang mereka jalankan.
“Jadi, beberapa di antara mereka sudah merasakan manfaat dari Mitra Tokopedia dan bisa menceritakannya,” tutur Karina menjelaskan. Sebagai hadiah, Tokopedia akan melakukan renovasi warung bagi mitra yang keluar sebagai pemenang.
Untuk penilaian dalam kompetisi ini, Tokopedia fokus pada kisah para mitra yang berusaha bangkit di masa pandemi dengan Mitra Tokopedia. Lalu, mereka yang memiliki kisah tentang eksplorasi berjualan produk fisik ke produk digital.
Hasilnya, dalam kompetisi ini, ada dua pemenang yang sudah terpilih. Ada Marfour Syam pemiliki Toko Si Kembar asal Bogor, lalu ada Titin Lestari pemilik Toko Gibran dari Medan, Sumatera Utara.
Keduanya menceritakan mengenai kisah bisnis mereka sejak bergabung dalam Mitra Tokopedia. Baik Mansyour dan Titin mengungkap bagaimana Mitra Tokopedia bisa membantu meningkatkan bisnis warung yang mereka lakoni.
“Sejak ikut Mitra Tokopedia bisnis saua berkembang. Banyak konsumen yang membeli sejumlah layanan digital, seperti pulsa telepon, paket data, voucher games, dan token listrik padanya. “Selain saya dapat untung, saya juga bisa membantu keuangan untuk keluarga saya dan bisa berbagi pada sesama di Jumat Berkah,” kata Mansyour.
Ia pun tidak segan memberikan kesempatan konsumen yang benar-benar membutuhkan untuk bisa membayar belakangan. Untuk memudahkannya, ia memakai fitur Catat Hutang yang ada di aplikasi Mitra Tokopedia.
Sementara Titin menceritakan kisahnya yang telah memiliki warung sejak 2017 dan memiliki omzet tambahan sejak bergabung di Mitra Tokopedia pada 2019. “Jadi, setelah saya bergabung dengan Mitra Tokopedia, ada perkembanga, saya tidak pernah kehilangan stok barang. Dan, produk digital yang saya juga semakin beragam,” katanya.
Ia pun mengatakan, omzet yang dihasilkan terbilang baik. Bahkan, ia menuturkan, penghasilan di warung yang didukung Mitra Tokopedia bisa mencukup kebutuhan keluarganya.
Sama seperti Marfour, ia juga memanfaatkan warungnya untuk bisa berbagi dengan orang-orang sekitar. Jadi, ia memungkinkan warga di sekitar untuk menitipkan barang dagangan di warungnya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post