youngster.id - Untuk membantu program pemeritah dan mendorong para pelaku UMKM naik kelas, sekaligus menyambut Hari UMKM ditahun 2021 ini, Tokopedia melalui Mitra Tokopedia terus fokus mengakselerasi adopsi platform digital bagi para pegiat usaha tradisional. Termasuk pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenisnya, bahkan di tengah pandemi.
“Selain menyambut hari UMKM di tahun ini, selama hampir tiga tahun Mitra Tokopedia telah membantu jutaan pegiat usaha tradisional melayani puluhan juta masyarakat di lebih dari 500 kota/kabupaten di seluruh Indonesia,” ujar Karina Susilo Head of New Retail Tokopedia dalam acara Meet Up dengan media yang disiarkan secara virtual Kamis (12/8/2021).
Lebih dari itu, selama tiga tahun lebih berlangsung jumlah penambahan kota dan kabupaten yang telah dijangkau Mitra Tokopedia meningkat lebih dari 2 kali lipat dibandingkan dua tahun belakangan.
“Bahkan kini Mitra Tokopedia sudah menjangkau Purwokerto, Jember, Medan Barat, Tegal hingga Banjarmasin,” tambah Karina.
Para pegiat usaha tradisional dapat mengembangkan usaha, bahkan di tengah pandemi melalui sederet fitur di Mitra Tokopedia. Antara lain fitur Grosir, fitur Penjualan Produk Digital hingga fitur Catat Hutang, yang dapat membantu pemilik warung mengatur pembukuan secara digital.
“Mitra Tokopedia juga baru saja meluncurkan fitur Pembayaran Penerimaan Negara, yang memungkinkan masyarakat bisa membayar pajak dan penerimaan negara, mulai dari PBB, SBN, Pajak Online, Bea Cukai, PNBP dan masih banyak lainnya, langsung lewat warung,” jelas Karina.
Berdasarkan, riset Tokopedia Oktober 2020, pegiat usaha tradisional yang mengadopsi Mitra Tokopedia (Mitra) merasakan berbagai dampak positif. 5 dari 10 Mitra bisa punya tabungan tambahan. Di sisi lain, hampir 80% Mitra meraih keuntungan tambahan lebih dari 2 kali lipat.
Misalnya, Erni salah satu Mitra Grosir Tokopedia asal Palembang mengatakan sejak 2019 bergabung menjadi mitra tokopedia, melalui cara berjualan produk digital, seperti pulsa, paket data dan token listrik. Omzetnya kini naik hingga 2 kali lipat dibanding sebelum bergabung.
“Omset saya meningkat semenjak menjadi salah satu bagian mitra Tokopedia. Karena itu, penghasilan dari warung bisa saya gunakan untuk membeli kebutuhan rumah tangga, menyekolahkan anak hingga membantu orang tua,” ungkapnya.
Begitu pula, Patria Ismalinda yang bergabung sebagai Mitra Digital di Papua sejak 2021 mengungkapkan kemudahan membeli produk digital melalui Mitra Tokopedia mendatangkan lebih banyak pelanggan.
“Omzet warung saya meningkat hampir 2 kali lipat. Apalagi di masa pandemi, pulsa dan paket data telah menjadi salah satu kebutuhan untuk bekerja dan sekolah dari rumah,” pungkas Patria.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post