National Innovation Challenge 2021: Jaring Solusi Inovatif Kemapanan Finansial Generasi Muda

HSBC Indonesia meluncurkan layanan baru HSBC Premier Next Gen. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Data Sensus penduduk ditahun 2020, Gen Z mendominasi 27,94% populasi penduduk Indonesia, setara dengan 74,93 juta jiwa. Sayangnya, indeks literasi keuangan sebagian dari kalangan tersebut baru 16%.  Angka ini bahkan lebih rendah dari indeks literasi keuangan nasional yang mencapai 38,03%.  Padahal, tingkat literasi keuangan ternyata berpengaruh pada kesejahteraan masyakarat.

Peka memahami situasi itu dan memvisikan solusi yang lebih jauh, Bank HSBC Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) menghadirkan Building a Financially Capable Generation (BaFCG/Generasi Mapan Finansial).

“Melalui National Innovation Challenge yang digelar perdana ini, HSBC bermaksud mendorong generasi muda Indonesia agar menjadi bagian dari solusi atas kondisi masih rendahnya tingkat literasi keuangan di Tanah Air,” ungkap Nuni Sutyoko Head of Corporate Sustainability Bank HSBC Indonesia di acara National Innovation Challenge bertajuk “Building a Financially Capable Generation” yang disiarkan secara virtual Sabtu (8/5/2021).

Nuni menambahkan bahwa generasi muda harus cakap dalam mempraktikkan wawasan yang sudah didapatkan, serta berdaya untuk menggunakan produk maupun jasa keuangan selaras dengan tujuan finansialnya.

“Inisiatif global ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan edukasi kemapanan finansial bagi generasi muda Indonesia,” tambahnya.

Dimulai sejak Juni 2020, edukasi literasi keuangan berbasis aplikasi mobile app ini telah menjangkau 1.027 siswa SMP hingga SMA di lima kota di Indonesia; meliputi Jakarta, Bandung, Semarang, Bojonegoro, dan Denpasar. Penyajian BaFCG dengan metode gamifikasi yang interaktif diharapkan dapat memicu antusiasme kalangan muda untuk melek pengelolaan uang dan menjangkau kalangan yang lebih luas secara jangka panjang.

Sebagai puncak implementasi program BaFCG yang telah memasuki tahun kedua ini, sebanyak 100 siswa terpilih dari SMAN 35 Jakarta dan SMKN 27 Jakarta akan berkompetisi dalam National Innovation Challenge. Mereka diberikan tantangan untuk membuat sebuah rencana komprehensif yang dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman generasi muda mengenai uang.

Satu tim dengan ide terbaik akan menjadi pemenang yang mewakili Indonesia di ajang Virtual Global Innovation Challenge, berhadapan dengan perwakilan dari 12 negara pada akhir Mei mendatang.

Pada kesempatan yang sama, Co-Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner mengatakan mendesaknya penguasaan generasi muda Indonesia terhadap kemapanan finansial memacu Prestasi Junior Indonesia bersama Bank HSBC Indonesia untuk terus kreatif menggagas inisiatif yang bisa mengaspirasi keterlibatan mereka.

“Kami optimis, inisiatif BaFCG dan National Innovation Challenge mampu berandil melahirkan ide-ide cemerlang yang bisa dikembangkan lebih lanjut untuk mengatasi kesenjangan literasi dan kemapanan finansial masyarakat. Jika kondisi ini lebih cepat teratasi, secara berkesinambungan, maka kesejahteraan masyarakat pun juga akan turut terealisasi,” kata Robert Gardiner.

 

 

FAHRUL ANWAR

 

Exit mobile version