Nestlé Indonesia Bersinergi Dengan Pemda Surakarta Untuk Berdayakan Talenta dan UMKM Daerah

Nestle Solo

Presiden Direktur PT Nestleě Indonesia Ganesan Ampalavanar dan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - PT Nestlé Indonesia bersinergi dengan Pemerintah Kota Surakarta untuk mengadakan program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan menumbuhkembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya industri herbal di wilayah Surakarta.

Kerja sama ini diwujudkan dalam nota kesepahaman (MoU) dengan judul “Peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam menumbuhkembangkan usaha mikro kecil dan menengah serta industri herbal melalui kerjasama industri – akademisi di kota Surakarta”.

“Saya berharap, melalui kerja sama dengan PT Nestlé Indonesia, serta kehadiran Solo Technopark dapat menjadikan kota Surakarta sebagai katalis dalam menumbuhkembangkan wirausaha baru sekaligus menjadi motor penggerak ekonomi digital Indonesia,” kata Gibran Rakabuming Walikota Surakarta yang dikutip dari siaran pers Selasa (19/4/2022).

Solo Technopark merupakan kawasan terpadu di bawah pengelolaan Pemerintah Kota Surakarta berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang memadukan unsur pengembangan iptek, kebutuhan pasar industri dan bisnis, serta penguatan daya saing daerah.

Rumusan dari MoU yang telah disepakati antara PT Nestlé Indonesia dan Pemerintah Kota Surakarta diantarnya meliputi pengembangan talenta dan tenaga kerja di Kota Surakarta, pelatihan dan pengembangan UMKM,  penjajakan dan pengembangan potensi industri herbal, serta kerja sama dunia industri dengan dunia kampus.

Presiden Direktur PT Nestlé Indonesia Ganesan Ampalavanar menyatakan, sinergi ini sejalan dengan ambisi Nestlé untuk membantu pergerakan ekonomi di Indonesia.

“Nestlé ingin turut mengambil peran dalam memberikan pelatihan kepada talenta dan tenaga kerja di Kota Surakarta, sebagai wujud dukungan Nestlé terhadap Indonesia Emas 2045, visi pemerintah untuk membangun negara maju yang berdaulat, adil, dan makmur,” katanya.

Menurut dia nanti kerja sama yang terjalin antara PT Nestlé Indonesia dan Pemerintah Kota Surakarta dapat semakin mendorong Solo Technopark menjadi tempat produktif dengan SDM yang berkualitas.

“Kami berharap, sinergi yang terjalin antara Nestlé Indonesia dan Pemerintah Kota Surakarta dapat semakin mengembangkan talenta dan tenaga kerja sekaligus UMKM berkualitas di Surakarta. Melalui adanya pemberdayaan talenta di Solo Technopark, percepatan pertumbuhan industri di daerah dapat semakin terealisasikan dengan menciptakan SDM dan UMKM yang memiliki daya saing tinggi baik di Indonesia hingga mancanegara,” pungkas Ganesan.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version