NextICorn 2019 Ajang Startup Yang Cari Pendanaan US$1 Juta

Nexticorn

Event NextIcorn Summit. (Foto: istimewa)

youngster.id - Yayasan Next Indonesian Unicorns (NextICorn) kembali menggelar NextICorn Summit 2019. Mereka mengundang para startup potensial Indonesia yang sedang mencari pendanaan di atas US$1 juta untuk mendaftarkan diri pada event yang akan digelar pada Oktober-November 2019.

NextICorn merupakan inisiatif bersama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo), dan Ernst & Young (EY) untuk mempromosikan startup-startup paling potensial Indonesia kepada para investor dunia lewat program kerjanya.

“Pendaftaran untuk startup dan VC sudah dibuka sejak awal Juli ini di www.nexticorn.com. Kami mengundang VC dan startup Indonesia yang sedang mencari pendanaan di atas US$1 juta untuk menghadiri summit kami tahun ini di Bali,” kata Daniel Tumiwa dalam keterangannya Senin (29/07/2019).

Dia mengungkapkan, penyelenggaraan summit di tahun ini masih didasari oleh cita-cita besar Yayasan NextIcorn untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi Indonesia lewat kehadiran lebih banyak unicorn karya anak bangsa.

Kali ini NextIcorn membidik 150 pendiri perusahaan rintisan dan 200 perwakilan dari perusahaan modal ventura.

“Selama ini ada kekosongan di antara startup Indonesia yang tengah berkembang dengan investor global yang dapat memberikan suntikan modal besar. Selain itu, startup juga butuh arahan tentang mekanisme ideal dalam bisnis berbasis teknologi. Posisi inilah yang coba kami isi. Harapannya, tentu agar startup baru yang potensial tidak perlu melewati jalan berliku yang dahulu harus ditempuh empat unicorn pertama kita,” kata Daniel.

Dengan menjodohkan startup teknologi Indonesia dengan perusahaan modal ventura terkemuka di dunia, Daniel meyakini negara dan masyarakat dapat mengambil manfaat seluas-luasnya.

“Masuknya uang dari investor global kepada startup-startup Indonesia ini tidak hanya memberikan pemasukan bagi negara lewat pajak, namun juga akan membuka lebih banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat,” tambah Daniel.

Dia optimis NextICorn akan sukses dan dapat rutin dilakukan setiap tahun. Di 2018, NextICorn sukses menyelenggarakan dua summit yang mempertemukan perwakilan 125 startup Indonesia dengan 300 calon investor di Bali. Lewat kegiatan ini terlaksana lebih dari 600 meeting dan 400 follow up.

STEVY WIDIA

Exit mobile version