youngster.id - Gelaran BCA UMKM Fest 2025 mencatat lonjakan nilai dan frekuensi transaksi signifikan. Acara yang berlangsung 1 Juli–17 Agustus secara daring dan 13–17 Agustus secara luring ini diikuti sekitar 1.500 pelaku UMKM dari berbagai daerah.
Pada edisi kelima ini, nilai penjualan meningkat 19% secara tahunan menjadi Rp20,3 miliar. Sementara jumlah transaksi online dan offline mencapai 134.235, melonjak 54,1% dibanding tahun sebelumnya. Pihak penyelenggara menyebut capaian ini mencerminkan terjaganya aktivitas bisnis UMKM.
EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan bahwa ajang ini menunjukkan efektivitas kolaborasi antara perbankan, teknologi, dan pelaku UMKM.
“Ketika dukungan yang tepat diberikan, UMKM mampu menunjukkan potensi luar biasa. Kami berkomitmen terus menjadi fasilitator pertumbuhan UMKM,” ujar Hera, dikutip Senin (24/11/2025).
Tiga kategori produk dengan peminat terbesar adalah makanan dan minuman, kesehatan dan kecantikan, serta fesyen. Format acara hybrid juga mendorong kenaikan eksposur, dengan kunjungan ke situs BCA UMKM Fest dan mitra online Grab Indonesia serta Blibli.com mencapai lebih dari 3 juta pengunjung, tumbuh 30% dibanding tahun lalu.
Tahun ini, BCA menghadirkan Merchant Appreciation Program, memberikan apresiasi kepada lima pelaku UMKM dengan performa penjualan terbaik pada ajang online: Kalimantan Mas, Cuit Baby Wear, Madu Dhatu, Adorable Projects, dan Alt.
Sebagian besar peserta merupakan UMKM binaan program BCA Bangga Lokal. Selain digelar di 34 Kantor Cabang Utama BCA di berbagai daerah, acara luring di Gandaria City Mall juga menampilkan booth Bakti BCA yang menjajakan produk desa binaan.
BCA menyebut UMKM Fest sebagai bagian dari rangkaian program dukungan terhadap sektor usaha kecil, termasuk BCA UMKM Go Export, pelatihan sertifikasi halal, dan program kurasi brand lokal. Hingga September 2025, penyaluran kredit BCA ke sektor UMKM mencapai Rp129,3 triliun, tumbuh 7,7% YoY.
“Kami berterima kasih atas respons positif para pelaku UMKM dan pengunjung. BCA akan terus menyediakan platform untuk memperluas pasar, meningkatkan penjualan, dan memperkuat daya saing hingga UMKM bisa go global,” tutup Hera.
STEVY WIDIA
