Nisan GT Academi Pilih 20 Finalis

Kompetisi Nissan Playstation GT Academy 2016 menetapkan 20 finalis. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - Nissan GT Academy adalah kompetisi virtual to reality terbesar di dunia yang digagas Nissan Global dan PlayStation untuk mencari talenta-talenta pembalap dalam diri seorang gamers. Di Indonesia, Kompetisi Nissan GT Academy 2016 telah berhasil mendapatkan 20 finalis.

General Manager Marketing Strategy PT Nissan Motor Indonesia, Budi Nur Mukmin menjelaskan, 20 finalis ini merupakan peserta dengan hasil catatan waktu terbaik dari lebih dari 25 ribu peserta yang telah berpartisipasi sejak 19 Juli 2016. Proses seleksi Nissan GT Academy 2016 diselenggarakan di Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya.

“Para finalis yang berhasil masuk ke tahap National Final ini berasal dari kisaran umur18 tahun hingga 37 tahun. Tentunya kami gembira, karena memang tujuan penyelenggaraan Nissan GT Academy adalah demokratisasi balap, artinya di mana semua lapisan masyarakat dapat menyalurkan hobi balapnya, dan menggali potensi yang ada dalam diri mereka,” ujar Budi Nur Mukmin, dalam siaran pers Selasa (6/9/2016) di Jakarta.

Pada National Final nanti, para finalis akan ditantang untuk berkompetisi dan diuji ketangguhannya dalam hal fisik (physical challenge), kecakapan komunikasi (communication skill), bermain game balap (gaming skill) serta menyetir dan balapan di sirkuit (driving skill).

NMI juga menghadirkan sosok-sosok yang ahli dalam berbagai bidang tersebut sebagai mentor sekaligus juri. Brand Ambassador Nissan GT Academy 2016 Indonesia, Diandra Gautama, yang juga berprofesi sebagai pembalap, turut ambil bagian sebagai mentor untuk driving skill.

Budi menjelaskan, dari tahap ini nantinya akan ada enam finalis terbaik yang berhak maju ke tahap International Race Camp di Sirkuit Silverstone, Inggris, bersama finalis dari tujuh negara lainnya untuk memperebutkan gelar juara. Setelahnya, pemenang akan diberi pelatihan intensif dalam Driver Development Program dan mendapat kesempatan untuk bergabung sebagai pembalap Nissan NISMO.

Pada tahap seleksi, kompetisi ini juga didukung oleh versi terbaru video games yang dibuat Polyphony Digital, yaitu GT-Sports yang bisa dimainkan di Sony Playstation 4. Selanjutnya para finalis tersebut akan segera memasuki National Final yang diadakan pada 13-15 September 2015 di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

STEVY WIDIA