NOICE Rangkul Konten Kreator Jogja Berkarya di Industri Konten Audio

NOICE

Tim NOICE. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Prospek industri podcast dan konten audio di Indonesia kian populer, hingga ke berbagai daerah termasuk Yogyakarta. NOICE, mencatat Yogyakarta sebagai salah satu dari 5 kota dengan pendengar podcast terbanyak di platform tersebut dengan lebih dari 336,000 pengguna hingga saat ini berasal dari Yogyakarta.

Geliat positif industri kreatif di Yogyakarta pun mendorong NOICE untuk turut merangkul konten kreator serta insan kreatif di kota tersebut untuk bisa berkarya serta memaksimalkan potensi mereka di industri konten audio.

Chief Business Officer (CBO) NOICE, Niken Sasmaya mengatakan, NOICE hadir sebagai platform yang menghadirkan multi-vertikal konten audio terlengkap dari mulai podcast, radio, audiobook hingga live audio. Berfokus untuk menghadirkan konten bercita rasa lokal hingga hyperlokal, NOICE memberikan dukungan bagi para konten kreator di berbagai daerah untuk berkarya sebagai podcaster dengan menciptakan konten dalam topik yang relevan serta dibawakan dengan dialek khas daerah setempat. Keunikan ini membawa NOICE menjadi platform konten audio streaming dengan jaringan podcast terbesar di Indonesia, yang telah menyajikan lebih dari 100 konten original dan eksklusif.

“Yogyakarta merupakan kota yang memiliki banyak insan kreatif dan kental dengan seni-budayanya. Untuk itu, kami yakin konten bercita rasa lokal yang mengangkat keunikan khas Jogja tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pendengar di kota ini, bahkan bagi perantau yang rindu dengan kampung halamannya di Jogja,” kata Niken dalam keterangan pers, Jumat (17/12/2021).

Hingga saat ini NOICE telah menggandeng lebih dari 300 konten kreator se-Indonesia untuk menghadirkan konten podcast di platform tersebut dengan total lebih dari 20.000 episode podcast yang telah mengudara. Genre konten audio yang dihadirkan pun beragam dari mulai komedi, horror, parenting, hobi, religi, dan banyak lainnya.

Di sisi lain, podcast dan konten audio kian digandrungi oleh para kreator karena produksinya yang mudah, tidak memerlukan peralatan rumit. Selain podcaster, NOICE juga merangkul radio-radio di berbagai daerah untuk dapat bergabung memperkaya konten audio di aplikasi NOICE. Para konten kreator juga dapat memanfaatkan NOICE Live sebagai fitur live audio terbaru dari Di NOICE Live, kreator bisa berinteraksi langsung dengan pendengar melalui kolom komentar dan bahkan bisa diangkat sebagai pembicara dan mengobrol langsung dengan kreator favorit. Fitur NOICE Live telah digunakan oleh banyak public figure untuk lebih berinteraksi langsung dan menjalin kedekatan erat dengan komunitas dan fans-nya.

“Kami memberikan berbagai dukungan dari mulai fasilitas studio dengan tim produksi yang diharapkan dapat memudahkan para kreator untuk membuat podcast originalnya di NOICE. Dari segi teknologi, tersedia berbagai fitur, termasuk NOICE Live, yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan engagement antara kreator dan pengguna serta memungkinkan kreator untuk melakukan monetisasi,” kata Thomas Raditya VP of Content, NOICE.

Menurut dia, para konten kreator juga didukung dari segi coaching dan mentoring untuk mengembangkan kualitas podcastnya, peluang kolaborasi dengan podcaster berbakat lainnya serta dari sisi promosi untuk bisa menjangkau audiens yang lebih luas.

“Dengan berbagai kemudahan ini, kami berharap bisa merangkul lebih banyak lagi konten kreator di Yogyakarta untuk bisa sukses berkarya di industri konten audio dengan dukungan dari NOICE. Mereka bisa membangun komunitasnya dan menjangkau pendengar yang lebih luas tidak hanya di Yogyakarta saja, tapi hingga ke seluruh Indonesia,” ujarnya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version