Nonton Iklan di Oona TV Bisa Dapat Poin Berhadiah

Penjelasan Widi Nugroho, Chief Executive Officer PT Metranet (layar) mengenai Oona TV di Ballroom Telkom Landmark Jakarta. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Belakangan ini Indonesia kehadiran sejumlah platform dengan layanan tontonan siaran langsung. Yang terbaru adalah Oona TV dari PT Telkom. Yang membedakan, aplikasi TV ini menggunakan model bisnis advertising video on demand (AVOD). Penonton pun bisa mendapatkan poin berhadiah voucher jika menonton di sini.

Widi Nugroho, CEO PT Metranet menjelaskan bahwa adanya channel premium gratis yang tidak didapatkan dari televisi saat ini dikarenakan bisnis model yang diterapkan yang dikenal dengan AVOD. “Jadi kami semua akan disupport oleh advertising,” ungkap Widi dalam peluncuran Oona TV di Jakarta belum lama ini.

Ia menjelaskan htersebut disebabkan pendapatan yang diterima aplikasi tersebut berdasarkan iklan saja. “Jadi dengan digital memungkinan kita untuk mengetahui mulai dari channel yang ditonton oleh audience, konten yang disuka,” sambungnya.

Menurut dia, hal tersebut menjadi daya tarik tersediri bagi brand atau agensi periklanan yang ingin menyaasar audience yang telah ditargetkan. Oleh sebab itu, nantinya pendapatan juga didaptkan melalui para advertiser.

Baca juga :   Telkom Bangun Sinergi Antar Startup Binaan

Selain itu, hal menarik lainnya dari Oona TV, Widi bilang bahwa penonton akan mendapatkan poin apabila audience menonton iklan hingga tuntas. Nantinya, poin tersebut dapat ditukarkan dengan berbagai voucher. Ia bilang untuk 1 detik iklan akan mendapatkan 1 poin, tetapi apabila ditonton hingga selesai akan mendapatkan 100 poin.

Noerman Taufik, CEO PT Oona Media Indonesia menambahkan bahwa yang menjadi pembeda Oona TV dari over the top (OTT) lainnya selain pendapatan dari iklan, tapi juga konten provider yang berkenan dibayar belakangan.

“Jadi konten didapat dari semua mitra free, pada waktu konten ditonton, iklan ditonton, penonton dapat manfaat dan konten provider dapat manfaat juga,” katanya.

STEVY WIDIA