NTT Startup Challenge 2020, Buka Peluang Pendanaan Bagi Startup Asia Tenggara

Peluncuran NTT Startup Challenge 2019. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - NTT Ltd sebuah perusahaan layanan teknologi global terkemuka, kembali menggelar NTT Startup Challenge 2020. NTT menawarkan kesempatan kepada pelaku startup dari Singapura, Thailand, Malaysia, Vietnam dan Indonesia untuk mengakses peluang pendanaan dan koneksi dengan klien-klien berharga dari NTT Group.

Yasunori Kinebuchi, penggagas program NTT Startup Challenge mengatakan, NTT Startup Challenge saat ini telah memasuki tahun ke-empat. Kali ini, ajang ini akan dilakukan secara virtual dengan tema ‘Dunia Cerdas melalui Transformasi Digital’.

“Kami sangat senang dapat mengubah acara tahun ini ke dalam format virtual, sehingga dapat membuka lebih banyak peluang kepada para startup di Asia Tenggara,” kata Yasunori dalam keterangannya, Jumat (23/10/2020).

Menurut dia sejak dimulainya pendaftaran pada September 2020 ada lebih dari 500 pelamar startup dari berbagai industri. Industri tersebut termasuk Gaming, Artificial Intelligence, Fintech, Shipment & Delivery, Health-Tech, BioTech & MedTech, Edtech, E-Fitness, Salestech, CRM & Work Collaboration Tech, dan E-commerce.

“Dengan spektrum industri yang luas ini, kami menantikan ide-ide segar dan model bisnis inovatif, dengan harapan bahwa ide-ide tersebut akan menginspirasi dan mempercepat ekosistem startup di Asia Tenggara,” katanya lagi.

Puncak NTT Startup Challenge 2020 akan berlangsung pada tanggal 25 November 2020, dimana 20 startup dari berbagai industri seperti Artificial Intelligence, FinTech, HealthTech, EdTech, dan lainnya, akan mempresentasikan ide-ide mereka di depan panel, yang terdiri dari Venture Capitals, CEO startup dan Eksekutif dari NTT Group. Tiga ide-ide teratas akan memenangkan penghargaan uang tunai dan undangan eksklusif ke ‘Startup-Enterprise Matching Event’ yang akan memberikan mereka akses ke investor dan korporasi global melalui jaringan investor yang dimiliki oleh NTT Group, dan juga kesempatan untuk mendapatkan koneksi dengan mitra strategis NTT Group

Selain presentasi paparan inovasi sebagai acara utama, acara ini akan menghadirkan pembicara utama dari investor global terkemuka dan tokoh-tokoh startup yang akan berbagi pengetahuan mereka tentang inovasi dan lanskap ekonomi di masa depan – khususnya di Asia Pasifik, semua dengan menggunakan platform virtual.

“Beberapa tahun terakhir ini, kawasan ASEAN telah menjadi sarang inovasi teknologi startup yang tumbuh dengan pesat.  Selama masa sulit saat ini, kami berbesar hati dengan melihat begitu banyak startup yang menghadapi tantangan dengan tidak menghindari kesulitan namun bahkan mendorong nilai baru ke dalam tatanan hidup dan masa depan,” kata Png Kim Meng, CEO – ASEAN, NTT Ltd.

Sementara Hendra Lesmana, CEO, NTT Indonesia Solutions, mengatakan, NTT Startup Challenge sebelumnya telah mempertemukan lebih dari 2.000 startup dan lebih dari 1.300 peserta. “Persaingan sengit yang terjadi diantara mereka menunjukkan semangat yang dimiliki para startup ini, tidak hanya di tingkat lokal tetapi juga di tingkat regional. NTT Startup Challenge 2020 menghadirkan kompetisi dengan tata-cara yang sama sekali baru dan kami tidak sabar untuk melihat mereka bertanding di panggung regional ini,” katanya.

Sejak dibentuknya di tahun 2017, tantangan ini telah diadakan untuk mendukung ekosistem startup Asia Tenggara dengan peluang pendanaan, akses ke jaringan investor NTT Group, dan infrastruktur teknologi yang berkualitas.

 

STEVY WIDIA

 

Exit mobile version