Octopus Ajak Masyarakat Mulai Jalankan Kebiasaan Hidup Berkelanjutan

pemilahan sampah Octopus

Gelar Program Pemilahan Sampah, Frisian Flag Indonesia Gandeng Octopus (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Kebanyakan masyarakat menyambut tahun baru dengan menyusun daftar resolusi untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Salah satu resolusi yang patut dilakukan, terutama bagi generasi muda adalah menjalankan kebiasaan hidup berkelanjutan.

Hal ini mendorong Octopus, menggelar kampanye New Year, New Habit menyambut tahun 2023 dengan memulai menggiatkan kebiasaan baik dan berkelanjutan, yaitu memilah dan mendaur ulang sampah.

Chief Executive Officer dan Co-Founder Octopus Indonesia Moehammad Ichsan mengungkapkan, Perusahaan teknologi yang berfokus pada solusi daur ulang sampah ini menerapkan ekosistem ekonomi sirkular berbasis teknologi dalam membantu masyarakat melacak, memilah dan mengumpulkan produk pasca-konsumsi.

“Sejalan dengan slogan ‘Solusi Daur Ulangmu’, aplikasi Octopus memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mengelola sampah, serta memastikan kualitas sampah yang terjaga dengan baik agar dapat didaur ulang. Kami berharap ini dapat mendukung masyarakat membangun kebiasaan membuang sampah dengan tepat, sehingga menghasilkan kontribusi yang positif bagi kebersihan dan kelestarian lingkungan,” ungkap Ichsan dalam keterangan pers, Selasa (27/12/2022).

Upaya Ocotopus ini berangkat dari keprihatinan akan kebiasaan membuang sampah masyarakat Indonesia yang masih memprihatinkan. Bahkan sampai saat ini masih banyak warga yang belum melakukan pemilahan sampah dengan baik dan benar. Selain itu, sebagian besar masyarakat juga memilih untuk membuang sampah dengan cara dibakar, dikubur di tanah, atau dibuang ke sungai. Akibatnya, lingkungan semakin tercemar dan terancam.

Chief Marketing Officer dan Co-Founder Octopus Indonesia Hamish Daud mengatakan, Octopus mengadakan Kampanye New Year, New Habit, di mana pengguna bisa mengajak orang sebanyak-banyaknya untuk mengumpulkan dan mendaur ulang sampah dengan membagikan kode referral di aplikasi Octopus.

“Memulai kebiasaan baru yang positif akan terasa lebih ringan dan menyenangkan apabila dilakukan bersama-sama dengan keluarga dan sahabat. Harapannya, semakin banyak orang yang mengubah gaya hidup menjadi lebih ramah lingkungan dan minim sampah (Zero Waste Lifestyle). Untuk menambah semangat dalam menyebarkan kebiasaan baik ini, kami juga menawarkan point reward yang bisa pengguna tukarkan dengan berbagai benefit,” kata Hamish.

Kampanye ini  juga memberi kesempatan bagi masyaraka tuntuk memenangkan total point reward sebesar 5,5 juta jika berhasil mengajak 100 orang untuk mendaur ulang sampah menggunakan Octopus. Spesial untuk 5 orang pertama yang berhasil mengajak 100 orang, akan mendapat tambahan hadiah menarik seperti uang tunai, dan juga berbagai produk menarik dari Timex, Leka, Urban Republic, dan merchant rekanan octopus lainnya. Poin yang didapat bisa digunakan untuk banyak hal termasuk pembelian produk F&B, fesyen, dan voucher diskon dari berbagai merek. Poin tidak dapat diuangkan.

Selain Kampanye New Year, New Habit, Octopus juga mengadakan kegiatan seru lainnya yaitu Octopus Mission Hunt, sebuah tantangan bagi pengguna untuk menyelesaikan misi penyetoran sampah di aplikasi Octopus. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti kompetisi #AGratitudeToReflect2022 dengan cara unggah foto di Instagram dan ceritakan momen bahagia di tahun 2022.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version