OLX: Minat Terhadap Mobil Bekas Terus Meningkat

OLX OtoBarometer Indonesia - Oktober 2019. (Foto: istimewa/youngster.id_

youngster.id - Peminat mobil bekas di Indonesia terus bertambah, seiring dengan meluasnya ragam jenis dan brand mobil. Ketertarikan atas mobil lawas juga meningkat karena faktor value for money.

OLX OtoBarometer Oktober 2019 juga menunjukkan peningkatan jumlah pengguna yang mencari mobil di platform OLX. “Data kami menunjukkan adanya peningkatan sebesar 33% dari tahun sebelumnya untuk jumlah pencari mobil di Oktober 2019, atau mencapai 490.672 orang di Oktober 2019. Sebagian besar pengguna platform OLX menggunakan ponsel untuk mencari mobil yang diinginkan. Menariknya, banyak mobil lawas yang masih menjadi incaran konsumen di Indonesia,” kata Ivo Wassenaar, Head of Automotive OLX Indonesia dalam keterangannya, Senin (2/12/2019) di Jakarta.

Selain itu, OLX OtoBarometer Oktober 2019 menyebutkan ada beberapa jenis mobil dengan usia lebih dari 10 tahun yang masih diminati meski hanya sedikit listing yang tersedia.

“Pesona mobil lawas nampaknya masih memikat para peminat mobil, baik untuk hobi seperti modifikasi atau karena mobil lawas dianggap value for money dengan harga bersahabat untuk teknologi yang mumpuni,” tambah Ivo. Ford Escape, Peugeot 206, KIA Carnival, Suzuki Amenity serta Daihatsu Charade secara berurutan merupakan tipe mobil hot items karena kelima mobil tersebut tergolong langka di listing OLX walaupun masih paling dicari, dengan listing yang terbatas.

Sebagai online marketplace dengan Mobil sebagai salah satu kategorinya, OLX berperan menghubungkan penjual dan pembeli di Indonesia. “Kami berharap kehadiran kami dengan pembaruan platform yang baru-baru ini kami lakukan, bisa memudahkan proses jual beli mobil bekas untuk pengguna kami di Indonesia. Yang dapat kami simpulkan dari data bulan Oktober 2019 adalah bahwa pengguna platform kami menunggu lebih banyak listing dari jenis-jenis mobil produksi tahun lawas yang diminati masyarakat,” ujar Ivo lagi.

Meski demikian, brand Jepang masih mendominasi permintaan mobil bekas di Indonesia. OLX OtoBarometer Oktober 2019, hasil riset internal OLX yang dirangkum dari data platform OLX, menyebutkan bahwa Toyota Avanza merupakan mobil paling diminati di OLX selama bulan Oktober 2019. Posisi kedua hingga kelima untuk mobil paling diminati didominasi oleh MPV, yaitu Toyota Innova, Honda Jazz, Daihatsu Xenia serta Honda Brio.

STEVY WIDIA

Exit mobile version