Operator Perpanjang Program Internet Gratis

Telkomsel hadirkan program Dari Rumah #terusproduktif. (Foto: istimewa)

youngster.id - Perusahaan telekomunikasi seperti Telkomsel,XL Axiata, Indosat dan Smartfren melanjutkan program penawaran kuota internet gratis. Langkah ini sebagai bagian dari layanan penunjang belajar dan bekerja dari rumah alias work from home ditengah maraknya wabah virus corona.

Telkomsel memberikan kuota gratis untuk pelajar dan mahasiswa selama pandemi covid-19. Operator telekomunikasi ini juga bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), 137 perguruan tinggi, dan startup pendidikan. Promosi ini bisa dipakai untuk mengakses platform e-learning seperti Ruangguru, Zenius, Cakap, Bahaso, dan Sekolahmu.

“Juga untuk membuka situs pendidikan online Kemdikbud serta kampus tanpa biaya,” ujar Aldin Hasyim GM External Corporate Communications Telkomsel dalam keterangannya, Jumat (3/4/2020).

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu juga menggandeng startup kesehatan, seperti Halodoc, Alodokter, dan Grab Health. Tujuannya, untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi dan bantuan tenaga medis profesional terkait virus corona. Perusahaan juga bermitra dengan e-commerce dan teknologi finansial (fintech) seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan LinkAja. Selain itu, bekerja sama dengan platform urun dana (crowdfunding) Kitabisa.com dan Benih Baik.

Demikian juga dengan XL Axiata yyang memberikan kuota internet gratis 2 Gigabyte (GB) per hari sejak 18 Maret hingga 14 April nanti. Layanan ini bisa digunakan untuk mengakses aplikasi pendidikan seperti Udemy, Ruangguru, Zenius, dan Rumah Belajar.

Selain itu, kuota internet gratis itu bisa dipakai untuk aplikasi penunjang kerja seperti Microsoft Office 365 seperti Microsoft Exchange, Share Point, One Drive, Microsoft Team, dan Skype for Business.

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan, promosi itu merupakan upaya mendukung kebijakan jaga jarak fisik (physical distancing). “Dengan menyediakan kemudahan untuk dapat beraktivitas, bekerja dan belajar dari rumah,” kata Ayu.

Begitu juga Indosat juga menawarkan kuota internet gratis 30 GB untuk mengakses platform pendidikan, termasuk memberikan diskon 30% untuk beberapa paket internet yang mendukung kerja dari rumah.

“Kuota internet gratis ini dapat dimanfaatkan untuk mengakses lebih dari 60 platform e-learning dan situs resmi universitas-universitas di Indonesia,” kata Turina Farouk SVP Head Corporate Communications Indosat Ooredoo.

Sementara Smartfren memberikan kuota gratis 1 GB per hari untuk mengakses Ruangguru selama sebulan. “Pelanggan bisa mendaftarkannya melalui aplikasi mSF,” kata Chief Executive Officer (CEO) Smartfren Djoko Tata Ibrahim. Pekan depan, Smartfren berencana memberikan tambahan paket unlimited 2 GB.

STEVY WIDIA

Exit mobile version