youngster.id - Seiring dengan tren peningkatan belanja masyarakat selama Ramadan, Kredivo juga mencatat kenaikan transaksi yang signifikan pada periode ini selama beberapa tahun terakhir. Kenaikan ini pun terjadi seiring dengan semakin meluasnya adopsi layanan Paylater.
Selama Ramadan 2024, transaksi belanja offline pengguna Kredivo meningkat hingga 3 kali lipat dibandingkan Ramadan 2023, dengan puncak transaksi terjadi di minggu kedua Ramadan. Penggunaan Kredivo di luar Jabodetabek juga tumbuh signifikan, mencatat kenaikan sebesar 25% pada periode yang sama.
Tak hanya itu, jumlah transaksi di luar Pulau Jawa melonjak hingga 37%. Sepanjang Ramadan 2024, kategori produk yang paling banyak dibeli mencakup Pulsa & Voucher, Kesehatan & Kecantikan, serta Fesyen. Dari sisi profil pengguna, 71% transaksi dilakukan oleh pengguna berusia 20-35 tahun.
“Kondisi ini membuat kami optimis bahwa penggunaan Paylater pada Ramadan tahun ini akan kembali meningkat. Ini juga sekaligus menegaskan bahwa Paylater telah bertransformasi dari sebuah opsi pembiayaan menjadi solusi finansial utama yang diandalkan masyarakat untuk mengatur cash flow, terutama di momen-momen dengan kebutuhan belanja tinggi seperti Ramadan,” Indina Andamari, SVP Marketing & Communications Kredivo, Rabu (12/3/2025).
Untuk itu, Kredivo menghadirkan kampanye #SALEturahmi untuk mendukung masyarakat dalam memenuhi ragam kebutuhan Ramadan secara fleksibel dan terjangkau. Kampanye ini menawarkan berbagai promo menarik, mulai dari bebas cicilan 1 bulan hingga cashback Kredivo Points hingga Rp 1 juta, juga gim menarik di aplikasi Kredivo yang berhadiah hingga ratusan juta rupiah.
Di samping menghadirkan inisiatif #SALEturahmi, Kredivo juga terus memperluas jaringan merchant baik di skala nasional maupun lokal, termasuk yang bergerak di sektor esensial seperti groceries, fesyen, hingga travel. Langkah strategis ini diharapkan dapat turut menjaga daya beli masyarakat tetap kuat dan mendukung kelancaran aktivitas ekonomi selama Ramadan.
STEVY WIDIA
Discussion about this post