youngster.id - Dalam laporan hasil riset tentang tren konsumsi layanan Over-The-Top (OTT) yang dilakukan oleh Kantar dan perusahaan teknologi Amerika The Trade Desk tahun 2020 menyebut, Indonesia merupakan negara di Asia Tenggara yang paling banyak menghabiskan waktu untuk mengakses layanan OTT dengan total sekitar 3 miliar jam setiap bulan.
Dari total 66 juta masyarakat Indonesia yang mengakses layanan OTT, 70% diantaranya menghabiskan waktu lebih dari satu jam per hari. Sementara dari segi konten, konsumen Indonesia paling sering menikmati 43% program lokal, 42% konten Korea, dan 15% lainnya.
Laporan tersebut juga memaparkan, sekitar 57% pengguna OTT mengatakan bahwa mereka lebih banyak melakukan streaming konten OTT selama pandemi, dan 73% masyarakat berencana tetap mempertahankan atau meningkatkan kebiasaan mengonsumsi konten OTT bahkan setelah masa pandemi berakhir.
Menangkap fenomena tersebut, PT Link Net Tbk dengan brand First Media menghadirkan OTT Package First+ yang menyediakan akses ke beragam platform OTT.
Marlo Budiman, Presiden Direktur dan CEO PT Link Net Tbk mengatakan masa pandemi membuat masyarakat semakin membatasi aktivitas lain di luar rumah seperti halnya mengakses hiburan.
“Perubahan ini menjadi peluang bagi kami di Industri cable TV dan fixed broadband internet untuk berinovasi. Melalui OTT Package First+, kami menghadirkan konten-konten yang bisa menjadi alternatif pilihan bagi pelanggan setia dalam menikmati unlimited world entertainment. Kami senang bisa mendapatkan dan mengoptimasi peluang ini guna memberikan pengalaman lebih menyeluruh kepada pelanggan,” ungkap Marlo Budiman dalam siaran pers Senin (22/3/2021).
Menurut dia, perubahan juga terjadi pada pola konsumsi masyarakat terhadap media dan konten hiburan yang mengalami pergeseran. Dengan berbagai pilihan akses yang tersedia, masyarakat semakin memiliki kebebasan dan kemampuan penuh dalam memilih atau mengonsumsi media dan berbagai konten yang lebih personal, salah satunya mengakses layanan OTT untuk menikmati berbagai konten streaming.
“Kami berharap, inovasi ini dapat menjawab kebutuhan konsumen akan akses konten berkualitas yang lebih mudah, terjangkau, dan nyaman untuk dinikmati melalui layar TV atau pun gawai,” ujar Marlo.
Sementara itu, Content & eSports Director PT Link Net Tbk, Ferliana Suminto mengungkapkan, tren masyarakat yang lebih menyukai konten lokal dan drama Asia. Untuk itu, OTT yang kami hadirkan saat ini diantaranya; GoPlay dan Viu yang menghadirkan konten lokal dan drama Asia berkualitas, serta berbagai film Hollywood dan film-film populer lainnya yang bisa dinikmati di CATCHPLAY+.
“Selain itu, kami juga menyediakan akses layanan FirstMediaX yang bisa diakses melalui smartphone guna memudahkan pelanggan dalam menikmati tayangan cable TV First Media. Kami berharap ke depannya First Media dapat terus menghadirkan inovasi melalui layanan dan produk lainnya yang bisa lebih meningkatkan pengalaman dan kenyamanan pelanggan,” tutup Ferliana.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post