Otenta, e-Commerce Dengan 100% Produk Indonesia

Peluncuran Otenta dihadiri Kepala Bekraf Triawan Munaf. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - Kementrian Komunikasi dan Informatika menyatakan bahwa total transaksi dari industri e-commerce mencapai sekitar Rp200 triliun, namun kontribusi produk lokal baru 5%. Peluang ini coba diisi oleh Otenta.com, startup e-commerce yang khusus menghadirkan produk buatan Indonesia.

Anton Liu, Founder Otenta mengatakan, e-commerce ini sebagai wadah bagi pengusaha lokal untuk berkarya dan memasarkan produk yang lekat dengan keunikan dan budaya Indonesia.

“Otenta ingin mengenalkan keragaman produk-produk lokal kepada masyarakat, sekaligus meningkatkan kesadaran mereka akan produk-produk Indonesia yang berkualitas. Saat ini kami melihat potensi pasar yang besar bagi merek-merek lokal untuk berkembang, termasuk di antaranya produk-produk UMKM. Kami ingin menciptakan tren untuk penyaluran kreatifitas serta menjadi wadah yang cocok bagi wirausaha di Indonesia,” ucap Anton dalam siaran pers belum lama ini.

Mengambil tempat di area perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Otenta mempunya visi yang besar menjadi pemain terdepan dalam bisnis e-commerce tanah air. Tak hanya peritel ternama, Otenta.com juga menghadirkan produk hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari berbagai kategori mulai dari kecantikan, busana pria dan wanita, barang-barang seni, hingga oleh-oleh khas Indonesia.

Anton Liu tidak sendiri dia bersama Syahmedi Dean, Daria Adiwibowo, dan Stevanus Setiawan, melahirkan Otenta.com. “Gerakan-gerakan dengan dampak sosial serta aspek sharing economy yang dianut Otenta.com diharapkan dapat memotivasi mitra-mitra Otenta untuk berkarya dan mempermudah pembeli untuk menemukan berbagai produk buatan Indonesia yang berkualitas dalam satu marketplace saja. Otenta diharapkan dapat menjadi platform e-commerce yang terdepan dalam memperluas eksistensi produk Indonesia di negeri sendiri maupun pasar mancanegara,” jelas Anton.

Ada 120 merek-merek asli Indonesia dengan kurang lebih 3.000 ragam jenis produk (SKU). Sekitar 60% dari produk-produk tersebut berasal dari kemitraan Otenta dengan wirausaha UMKM di Indonesia.

Menurut Anton untuk membuktikan kredibilitas Otenta sebagai pemain situs jual beli daring yang hadir di pasar Indonesia, setiap produk yang terpajang di etalase Otenta telah melalui proses kurasi yang dilakukan oleh tenaga ahli di bidang fashion, desain, kuliner, dan interior. Pembeli dapat memilih produk berkualitas dari berbagai kategori dengan mudah dan cepat hanya melalui satu platform e-commerce saja.

Otenta juga telah mendapatkan validasi yang kuat dari berbagai institusi ternama tanah air. Ini terbukti dengan dukungan penuh Bank BTN sebagai salah satu BUMN yang memiliki visi yang serupa dengan Otenta.

“Kerjasama Bank BTN dengan Otenta tidak hanya sekadar bisnis semata, namun juga visi bersama untuk menempatkan produk-produk Indonesia yang berkualitas menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” kata Budi Satria Direktur Distribusi & Network Bank BTN (Persero) Tbk.

Menurut dia, kemitraan Bank BTN dengan marketplace seperti Otenta memberikan manfaat tidak hanya kepada konsumen berbelanja dengan aneka promosi dan diskon dengan Debit BTN online tapi juga apresiasi dan dukungan kepada para pengrajin, pekerja kreatif negeri sendiri.

Kerjasama dengan marketplace menjadi bagian dari strategi Bank BTN dalam progam Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang dicanangkan Kementerian BUMN. RKB yang dibangun BUMN menjadi tempat inkubasi UMKM untuk bersaing di kancah internasional.

Selain itu, Otenta juga mendapat dukungan dari perusahaan nasional ternama lainnya seperti PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN), Sarinah, Sriwijaya Air, dan Sido Muncul. Mitra-mitra Otenta ini memiliki visi yang sama dalam hal pemberdayaan UMKM.

 

STEVY WIDIA