Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Otenta, e-Commerce Dengan 100% Produk Indonesia

11 Oktober 2017
in News
Reading Time: 2 mins read
Marketplace Ini Mengkurasi Produk UKM

Peluncuran Otenta dihadiri Kepala Bekraf Triawan Munaf. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Kementrian Komunikasi dan Informatika menyatakan bahwa total transaksi dari industri e-commerce mencapai sekitar Rp200 triliun, namun kontribusi produk lokal baru 5%. Peluang ini coba diisi oleh Otenta.com, startup e-commerce yang khusus menghadirkan produk buatan Indonesia.

Anton Liu, Founder Otenta mengatakan, e-commerce ini sebagai wadah bagi pengusaha lokal untuk berkarya dan memasarkan produk yang lekat dengan keunikan dan budaya Indonesia.

“Otenta ingin mengenalkan keragaman produk-produk lokal kepada masyarakat, sekaligus meningkatkan kesadaran mereka akan produk-produk Indonesia yang berkualitas. Saat ini kami melihat potensi pasar yang besar bagi merek-merek lokal untuk berkembang, termasuk di antaranya produk-produk UMKM. Kami ingin menciptakan tren untuk penyaluran kreatifitas serta menjadi wadah yang cocok bagi wirausaha di Indonesia,” ucap Anton dalam siaran pers belum lama ini.

Mengambil tempat di area perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Otenta mempunya visi yang besar menjadi pemain terdepan dalam bisnis e-commerce tanah air. Tak hanya peritel ternama, Otenta.com juga menghadirkan produk hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari berbagai kategori mulai dari kecantikan, busana pria dan wanita, barang-barang seni, hingga oleh-oleh khas Indonesia.

Baca juga :   Satu Lagi Startup Garap Media Luar Ruang

Anton Liu tidak sendiri dia bersama Syahmedi Dean, Daria Adiwibowo, dan Stevanus Setiawan, melahirkan Otenta.com. “Gerakan-gerakan dengan dampak sosial serta aspek sharing economy yang dianut Otenta.com diharapkan dapat memotivasi mitra-mitra Otenta untuk berkarya dan mempermudah pembeli untuk menemukan berbagai produk buatan Indonesia yang berkualitas dalam satu marketplace saja. Otenta diharapkan dapat menjadi platform e-commerce yang terdepan dalam memperluas eksistensi produk Indonesia di negeri sendiri maupun pasar mancanegara,” jelas Anton.

Ada 120 merek-merek asli Indonesia dengan kurang lebih 3.000 ragam jenis produk (SKU). Sekitar 60% dari produk-produk tersebut berasal dari kemitraan Otenta dengan wirausaha UMKM di Indonesia.

Menurut Anton untuk membuktikan kredibilitas Otenta sebagai pemain situs jual beli daring yang hadir di pasar Indonesia, setiap produk yang terpajang di etalase Otenta telah melalui proses kurasi yang dilakukan oleh tenaga ahli di bidang fashion, desain, kuliner, dan interior. Pembeli dapat memilih produk berkualitas dari berbagai kategori dengan mudah dan cepat hanya melalui satu platform e-commerce saja.

Otenta juga telah mendapatkan validasi yang kuat dari berbagai institusi ternama tanah air. Ini terbukti dengan dukungan penuh Bank BTN sebagai salah satu BUMN yang memiliki visi yang serupa dengan Otenta.

Baca juga :   Danny Baskara : Membangun Harapan Pada e-Commerce

“Kerjasama Bank BTN dengan Otenta tidak hanya sekadar bisnis semata, namun juga visi bersama untuk menempatkan produk-produk Indonesia yang berkualitas menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” kata Budi Satria Direktur Distribusi & Network Bank BTN (Persero) Tbk.

Menurut dia, kemitraan Bank BTN dengan marketplace seperti Otenta memberikan manfaat tidak hanya kepada konsumen berbelanja dengan aneka promosi dan diskon dengan Debit BTN online tapi juga apresiasi dan dukungan kepada para pengrajin, pekerja kreatif negeri sendiri.

Kerjasama dengan marketplace menjadi bagian dari strategi Bank BTN dalam progam Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang dicanangkan Kementerian BUMN. RKB yang dibangun BUMN menjadi tempat inkubasi UMKM untuk bersaing di kancah internasional.

Baca juga :   Sambut 1 Tahun Beroperasi, JD.ID Gelar Celebrating Festivity

Selain itu, Otenta juga mendapat dukungan dari perusahaan nasional ternama lainnya seperti PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN), Sarinah, Sriwijaya Air, dan Sido Muncul. Mitra-mitra Otenta ini memiliki visi yang sama dalam hal pemberdayaan UMKM.

 

STEVY WIDIA

Tags: e-commerceOtentaproduk UKMProgram Rumah Kreatif BUMN (RKB)
Previous Post

Developer Harus Jeli Melihat Masalah di Masyarakat

Next Post

Festival Parara : Pameran Hasil Perhutanan Sosial

Related Posts

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline
News

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
0
Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
Load More
Next Post
Festival Parara : Pameran Hasil Perhutanan Sosial

Festival Parara : Pameran Hasil Perhutanan Sosial

3 Film Pelajar Purbalingga Masuk Nominasi FFI 2017

3 Film Pelajar Purbalingga Masuk Nominasi FFI 2017

Fisipol UGM Gelar Final Kompetisi Wirausaha Sosial 2017

Fisipol UGM Gelar Final Kompetisi Wirausaha Sosial 2017

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version