youngster.id - Platform perhotelan OYO mendorong pemberdayaan komunitas lokal lewat program SuperAgent Portal. Inisiatif ini dirancang untuk memberdayakan individu dan agen perjalanan agar dapat memperoleh penghasilan dengan memesan akomodasi melalui jaringan hotel OYO yang luas di seluruh Indonesia.
Country Supply and Operational Head OYO Indonesia Hendro Tan mengungkapkan, sejak diluncurkan awal tahun ini, jumlah SuperAgent sudah mencapai lebih dari 2.500 orang. Program ini juga telah membukukan pendapatan total sebesar US$ 75.000, atau senilai Rp1,16 Miliar tumbuh 10 kali lipat secara tahunan (YoY).
“SuperAgent bukan sekadar membuka saluran penjualan baru, tetapi menciptakan peluang ekonomi nyata bagi masyarakat lokal. Pertumbuhan 10x ini mencerminkan antusiasme tinggi dari individu yang ingin menjadi bagian dari ekosistem perjalanan OYO,” ucapnya dikutip Selasa (11/11/2025).
Menurut Hendro, untuk menjaga momentum pertumbuhan ini, OYO mengalokasikan investasi bulanan sekitar US$100–200 atau sekitar Rp1,55 juta–Rp3,1 juta di setiap kota. Dana ini digunakan untuk proses onboarding digital melalui Meta Ads, kegiatan aktivasi dan pelatihan agen, serta pemberian insentif dan voucher sebagai penguat motivasi.
Selain itu, OYO juga menyalurkan komisi sekitar US$ 5.000 (sekitar Rp77,5 juta) per bulan kepada para SuperAgent aktif serta voucher senilai sekitar US$ 450 (sekitar Rp7 juta) per bulan, yang terbukti efektif dalam meningkatkan semangat dan partisipasi para agen di berbagai wilayah. yakni
OYO juga akan memperkuat jaringan komunitas SuperAgent dengan membangun engagement yang lebih dalam di lima kota utama, yakni Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, dan Bali.
“Ke depan, kami akan fokus membangun komunitas SuperAgent di berbagai kota untuk memperluas dampak positif program ini,” pungkasnya.
STEVY WIDIA

















Discussion about this post