youngster.id - Padang telah menjadi destinasi dengan pertumbuhan tercepat di kalangan wisatawan internasional yang mengunjungi Indonesia, menurut platform perjalanan digital Agoda. Daftar New Horizons dari platform perjalanan tersebut juga mengungkapkan bahwa Banjarmasin adalah tujuan terpopuler bagi wisatawan domestik Indonesia.
Senior Country Director Agoda di Indonesia Gede Gunawan menyatakan, Padang, Sumatera Barat, telah diakui sebagai destinasi baru teratas di kalangan wisatawan mancanegara (inbound) berkat kekayaan budayanya yang menjadi latar kisah-kisah legenda seperti Siti Nurbaya dan Malin Kundang.
Daya tarik lainnya adalah kulinernya yang mendunia, seperti Nasi Padang, Rendang, dan Sate Padang. Kota ini juga terkenal dengan pantai-pantainya yang menakjubkan, termasuk Pantai Carolina, Pantai Air Manis, Pantai Suwarnadwipa, Taplau, Ketaping, hingga Pantai Samudra. Dengan akses mudah melalui Bandara Internasional Minangkabau, Padang menawarkan transportasi yang nyaman serta pengalaman budaya dan alam yang tak terlupakan.
““Saya sangat senang melihat meningkatnya popularitas Padang. Ini membuktikan bahwa upaya Agoda dan banyak pihak lain di industri pariwisata Indonesia untuk mempromosikan destinasi sekunder telah membuahkan hasil. Di saat yang sama, sangat menarik melihat minat wisatawan Indonesia yang semakin besar terhadap Beijing. Ke mana pun wisatawan Indonesia ingin menjelajah, Agoda hadir untuk membantu dengan penawaran terbaik untuk akomodasi, penerbangan, dan pilihan aktivitas,” kata Gunawan dikutip Senin (6/1/2025).
Sementara Banjarmasin, kota terbesar di Kalimantan Selatan, menduduki peringkat teratas bagi wisatawan domestik, sebagai lokasi sempurna untuk menikmati budaya urban Kalimantan, baik di darat maupun di air. Terletak di delta pertemuan sungai Barito dan Martapura, kota ini memiliki cuaca yang umumnya panas, dengan hujan sesekali turun bahkan selama musim kemarau.
Popularitas Banjarmasin yang terus meningkat di kalangan wisatawan domestik didukung oleh upaya daerah ini dalam mempromosikan festival lokal, pasar terapung, kuliner khas, dan pemandangan danau-danau yang indah.
Sementara data dari New Horizons menunjukkan Beijing, China menjadi destinasi internasional dengan lonjakan popularitas terbesar di kalangan wisatawan Indonesia.
“Untuk destinasi wisata internasional, Beijing, China, telah menjadi destinasi terpopuler di kalangan masyarakat Indonesia (outbound), berkat arsitekturnya yang bersejarah. Mulai dari Mutianyu Great Wall, bagian dari tembok besar China yang terkenal, Tian Tan atau Kuil Surga yang dibangun pada masa dinasti Ming, dan The Palace Museum yang dulu dikenal sebagai The Forbidden City. Beijing juga menawarkan pengalaman bernilai tinggi bagi wisatawan yang mencari perjalanan untuk liburan sekaligus eksplorasi budaya,” ungkap Gunawan.
Menurut dia, bagi wisatawan Asia secara keseluruhan, Shanghai menjadi destinasi baru teratas dalam daftar New Horizons. Popularitas kota metropolitan China ini diikuti oleh Jeju (Korea Selatan), Paris (Prancis), Nha Trang (Vietnam), dan Fukuoka (Jepang).
Saat ini layanan Agoda telah mencakup lebih dari 4,5 juta properti liburan, lebih dari 130.000 rute penerbangan, serta lebih dari 300.000 aktivitas dan pengalaman.
STEVY WIDIA
Discussion about this post