Pasar Mobile Game Capai 745 Juta Unduhan, Indonesia Jadi Nomor Satu

FIFA Mobile

Game FIFA Mobile. (Foto: ilustarsi/ istimewa)

youngster.id - Data Sensor Tower menyebut pasar mobile game di Asia Tenggara menghasilkan lebih dari 745 juta unduhan di App Store dan Google Play pada Desember 2022. Jumlah tersebut menandai peningkatan sebesar 1,7% dari Desember 2021.

Pasar nomor satu untuk unduhan mobile game di Asia Tenggara adalah Indonesia, yang mengumpulkan 298 juta penginstalan atau 40% dari total unduhan di wilayah ini. Vietnam berada di posisi No. 2 dengan 19,5%, diikuti oleh Filipina dengan 18,3%.

Laporan Sensor Tower menyebut, FIFA Mobile dari Electronic Arts menjadi mobile game yang paling banyak diunduh di Asia Tenggara pada Desember 2022. Game permainan sepak bola ini tercatat mencapai 5 juta unduhan selama periode tersebut, paling banyak dari Indonesia.

“Negara-negara dengan jumlah unduhan FIFA Mobile terbanyak di Asia Tenggara selama periode tersebut adalah Indonesia sebesar 75,3% dari total unduhan, diikuti oleh Thailand sebesar 10,4%, dan Malaysia sebesar 9,3%,” demikian laporan Sensor Tower, Selasa (24/1/2022).

Posisi kedua diduduki My Hotpot Story. Game mobile ini berhasil mengumpulkan lebih dari 4,7 juta unduhan pada periode tersebut.

“Negara-negara dengan jumlah pemasangan My Hotpot Story terbesar di Asia Tenggara adalah Vietnam sebesar 87,2%, diikuti oleh Indonesia sebesar 7%, dan Thailand sebesar 2,6%,” tulis Sensor Tower.

Selanjutnya, deretan lima besar diraih Mobile Legends: Bang Bang dari Moonton, Garena Free Fire (termasuk Garena Free Fire MAX), dan Football League 2023 dari MOBILE SOCCER.

My Hotpot Story mencapai rekor tertinggi untuk unduhan pada Desember 2022, dengan lebih dari 4,7 juta penginstalan, itu berarti pertumbuhannya 142 persen daripada November 2022.

Soccer Super Star dari Real Freestyle Soccer mengalami bulan terbaiknya untuk unduhan pada Desember 2022, dengan mengumpulkan hampir 2,7 juta penginstalan. Game ini mengalami kenaikan 99 persen dari November 2022.

“Mengambil momen dari Piala Dunia, mobile game ini memperkenalkan pertandingan harian untuk mendapatkan peralatan dan badge eksklusif selama Desember saat Piala Dunia Qatar mendekati babak final,” kata Sensor Tower.

 

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version