youngster.id - Di tengah gempuran tayangan streaming lewat layanan over the top (OTT), posisi TV berbayar masih punya potensi untuk bertumbuh. Data Statista menyebut, pasar TV berbayar di seluruh dunia bernilai US$ 184,09 miliar pad tahun 2022, dan diproyeksikan tumbuh dengan CAGR sebesar 1,60% hingga 2030, mencapai USD 209,01 miliar pada akhir periode perkiraan.
Potensi ini mendorong Telkomsel berkolaborasi dengan BBC Studios untuk menghadirkan kanal internasional BBC News dan CBeebis di IndiHome TV. General Manager Video Business Ecosystem Telkomsel, J. Arnaz Kuncoro mengatakan, langkah ini adalah startegi persaingan untuk memberikan nilai kepada para pelanggan.
“Kami ingin memberikan nilai yang terbaik untuk pelanggan. Persaingan tentu ada, tetapi kami ingin bersaing dalam hal memberikan nilai lebih kepada pelanggan. Dalam hal ini tayangan dari BBC Studios adalah konten kelas dunia yang berkualitas,” katanya peluncuran channel 816 BBC News dan 301 CBeebies, Kamis (11/12/2025) di Jakarta.
Saat ini, pelanggan IndiHome berjumlah sekitar 10,3 juta. Menurut Arnaz, pertumbuhan layanan TV berbayar memang tidak sebesar OTT. Meski demikian, pihaknya optimis bahwa pasar masih akan bertumbuh.
“Memang sekarang masyarakat tren sedang cenderung ke OTT dan aplikasi. Tetapi kami tetap melakukan inovasi baik dari sisi produk maupun bisnis model untuk keberlangsungan. Bahkan di tahun depan kami akan lebih agresif,” ucapnya.
Menurut data terbaru Nielsen, sebanyak 57,6% waktu tonton iklan masih didominasi TV tradisional, terutama pada slot prime time dan saat tayangan langsung seperti berita, event nasional, dan pertandingan olahraga.
Keunggulan utama TV linear terletak pada jangkauan luas dalam waktu singkat, kredibilitas tinggi, serta kemampuan membangun brand awareness secara masif. TV konvensional masih menjadi pilihan utama bagi brand yang ingin menciptakan dampak besar secara instan, khususnya dalam kampanye yang menargetkan khalayak umum lintas usia dan demografi.
Kolaborasi ini juga menandai ekspansi signifikan kehadiran channel BBC Studios di pasar.
”Misi kami adalah menghadirkan konten kelas dunia kepada audiens di seluruh dunia, karena kami percaya cerita memiliki kekuatan untuk memulai percakapan dan mengubah perspektif. Ini adalah kesempatan menarik untuk menghubungkan pelanggan IndiHome dengan liputan berita terpercaya dan program anak-anak pemenang penghargaan,” kata Phil Hardman Executive Vice President dan General Manager Asia BBC Studios.
Kanal BBC News, yang disiarkan 24 jam dalam bahasa Inggris di lebih dari 200 negara dan wilayah, menghadirkan beragam liputan berita internasional yang kredibel, termasuk olahraga, cuaca, bisnis, isu aktual, dan program dokumenter. Sedangkan CBeebies merupakan rumah bagi program anak-anak pemenang penghargaan dari BBC seperti Bluey dan Hey Duggee.
Kedua kanal BBC Studios ini tersedia untuk semua pelanggan IndiHome TV melalui perangkat TV, situs resmi indihometv.com, atau aplikasi IndiHome TV yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Tidak ada tambahan biaya untuk menikmati tayangan baru ini.
STEVY WIDIA
















Discussion about this post