youngster.id - Wabah virus corona (COVID-19) membuat khawatir masyarakat dunia termasuk Indonesia. Penyedia layanan kesehatan online Good Doctor Technology Indonesia (GDTI) bersama Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengumumkan inisiatif proaktif akan informasi kesehatan mengenai hal itu.
dr Daeng M Faqih Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengatakan gejala COVID-19 pada awalnya tidak bisa dibedakan dengan gejala flu biasa dan bisa menular antarmanusia baik melalui batuk dan bersin, serta makanan yang tercemar air liur seseorang yang terinfeksi. Selain itu, penularan juga bisa terjadi dari hewan ke manusia.
“Karenanya, amplifikasi menjadi penting dalam upaya kolektif ini, dan kami menyambut baik inisiatif dan komitmen Good Doctor sebagai penyedia layanan kesehatan online yang melayani berbagai tanya jawab dengan jutaan masyarakat Indonesia,” jelas Daeng kepada media Kamis (13/2/2020) di Jakarta.
Informasi ini dengan memanfaatkan platform online Good Doctor yang dapat diakses melalui layanan GrabHealth yang menjangkau masyarakat Indonesia.
Menurut dia, melihat reaksi masyarakat terhadap wabah ini, kerja sama antara PB IDI dan Good Doctor bertujuan untuk meredam keresahan masyarakat dengan meningkatkan akses kepada para tenaga medis profesional, meningkatkan kualitas pelayanan publik serta memperluas akses informasi terhadap langkah-langkah yang tepat untuk menghadapi potensi wabah COVID-19.
Sementara itu, Tirza Munusamy, Deputy Director of Public Affairs, Grab Indonesia mengatakan kesehatan para pelanggan, mitra pengemudi dan karyawan Grab adalah prioritas utama yang senantiasa dilakukan dalam pengawasan terhadap perkembangan situasi kesehatan ini.
“Kami percaya dengan memberikan edukasi bagi para mitra pengemudi dan pelanggan setia Grab bersama-sama dengan berbagai pihak, penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diminimalisasi, jika ada,” ucap Tirza.
Edukasi ini dilakukan melalui berbagai jalur komunikasi yang dapat diakses langsung oleh mitra pengemudi dan para pelanggan seperti notifikasi di aplikasi, email serta media sosial maupun media massa.
Selain itu, GrabHealth powered by Good Doctor juga memberikan lebih dari 5000 masker kepada mitra pengemudi secara merata di GrabBike Lounge Daan Mogot, Kebayoran Lama, dan TB Simatupang. Grab juga mengajak mitra pengemudi untuk memanfaatkan layanan kesehatan khususnya tanya jawab dokter di dalam GrabHealth powered by Good Doctor.
“Tidak hanya mitra pengemudi dan mitra usaha yang kami perhatikan, namun juga pengguna setia Grab akan mendapatkan edukasi yang sama untuk pencegahan penyebaran COVID-19. Grab akan melakukan edukasi kepada para pelanggan setia. Kampanye ini ditujukan untuk meningkatkan gaya hidup masyarakat lewat istirahat yang cukup, konsumsi makanan sehat, rutin berolahraga dan minum suplemen jika diperlukan,” tutup Tirza.
Tercatat, hingga saat ini perusahaan telah menggaet lebih dari 500 jaringan dokter dan rumah sakit dan lebih dari 800 mitra apotek terkurasi. Layanan GrabHealth kini dapat diakses oleh pengguna di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Medan, Palembang, Balikpapan, Samarinda, dan Manado.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post