Pegadaian dan ISEI Jakarta Gelar Kompetisi Kewirausahaan Bagi Mahasiswa

Pegadaian HOKI

Peluncuran program HOKI-Hibah Kompetisi Kewirausahaan season 2. (Foto: istimewa)

youngster.id - PT Pegadaian bersama Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jakarta, kembali menggelar program HOKI-Hibah Kompetisi Kewirausahaan season 2. HOKI merupakan program yang diperuntukkan bagi mahasiswa semester 5-8, dari Perguruan Tinggi yang memiliki kurikulum inovasi dan kewirausahaan, atau Perguruan Tinggi yang memiliki unit inkubasi bisnis yang aktif.

Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan menyampaikan, program HOKI akan memberi kesempatan bagi anak-anak muda yang mau berkompetisi dan berjuang untuk memiliki sebuah usaha, dengan menyiapkan sebuah konsep atau ide usaha yang unik dan menarik, untuk diajukan ke program HOKI.

“HOKI adalah program yang patut kita banggakan. Karena saat ini, kewirausahaan memiliki
peranpenting dalam pembangunan ekonomi kita, mulai dari membuka lapangan pekerjaan,
mengurangi angka pengangguran, pengentasan kemiskinan, hingga membuat umkm naik kelas,” papar Damar dalam keterangannya, Rabu (26/10/2022).

Tahun ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan program HOKI yang dilaksanakan oleh
Pegadaian bersama ISEI Jakarta. Para peserta HOKI, dituntut untuk mampu menciptakan konsep berupa ide bisnis yang inovatif dan komprehensif dengan didukung ragam produk yang siap diuji pasar. Adapun syaratnya, peserta merupakan mahasiswa semester 5-8 dari Perguruan Tinggi di Jakarta, tim terdiri dari 2 hingga 3 anggota dan harus dari Perguruan Tinggi yang sama.

Ketua ISEI Jakarta Inarno Djajadi mengatakan, program HOKI merupakan salah satu upaya dan peran serta ISEI bersama pelaku industri untuk ikut mengakselerasi peningkatan kewirausahaan, seta menumbuhkembangkan UMKM di Indonesia khususnya yang dimotori olen kaum muda.

“Kami berharap, program HOKI yang dijalankan pada tahun ini dapat menciptakan ekosistem kewirausahaan baru yang kondusif, agar bisnis yang nantinya akan dijalankan oleh dari para calonpeserta dapat berkembang dan berhasil,” kata Inarno.

Kementerian BUMN turut mendukung program HOKI yang dijalankan olen Pegadaian bersama ISEI. Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting mengatakan, program HOKI ini menjadi sebuah ajang yang memfasilitasi anak-anak muda untuk berwirausaha.

“Saya sangat mengapresiasi program HOKI yang telah berhasil dilaksanakan untuk kali kedua. Saya berharap, program HOKI dapat melahirkan generasi bangsa yang berkualitas yang mampu membantu mendongkrak perekonomian bangsa,” kata Loto.

Kompetisi ini akan memilh 10 Pemenang yang akan mendapatkan uang hibah masing-masing sebesar Rp 30 juta, pembinaan bisnis, dan sertifikat penghargaan.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version