Pelajari Kegiatan Kewirausahaan, Mahasiswa UKM Malaysia Kunjungi Unpad

YOUNGSTER.id - Guna mengetahui kegiatan kewirausahaan yang dilakukan di Universitas Padjadjaran (Unpad), sebanyak 10 mahasiswa Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dan 2 pegawai pendampingnya melakukan kunjungan ke Unpad. Kunjungan diterima di kampus Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Unpad, Rabu (20/01).

“Rombongan yang saya bawa dari Universiti Kebangsaan Malaysia adalah mereka yang tergabung di Kelab Keusahawanan College Dato Onn atau Kusdo. Mereka ini adalah mahasiswa dari berbagai jurusan yang memang punya ketertarikan di bidang kewirausahaan,” ungkap Akhyar Rido, Pegawai Pendamping (Pembina) Kusdo UKM, seperti dikutip dari laman Unpad.

Melalui kunjungan ini, lanjut Rido, pihaknya berharap Unpad dapat berbagi pengalaman mengenai berbagai kegiatan kewirausahaan di Unpad. Para mahasiswa UKM ini pun saat ini sedang memulai usaha bisnis pariwisata di Malaysia.

“Kami ingin meminta mahasiswa atau dosen di Unpad yang bergerak atau aktif di bidang kewirausahaan untuk berbagi cerita,” ujar Rido.

Sementara itu, dosen sekaligus Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Sistem Informasi, Tata Kelola, dan Sumber Daya FTIP Unpad, Dwi Purnomo menyampaikan mengenai proses Sociotechnopreneurship di Unpad. Menurutnya, yang terpenting adalah membangun jiwa wirausaha pada diri mahasiswa.

“Tidak berarti harus selalu memiliki usaha, terpenting jiwa entrepreneurship harus ada dalam diri mahasiswa,” ujar Dwi.

Dalam kesempatan itu, sejumlah wirausahawan muda dari mahasiswa dan alumni Unpad pun turut mempresentasikan produk dan kegiatan usaha yang mereka miliki. Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi, dan kunjungan ke rumah produksi wirasaha yang dibina Unpad.

 

STEVY WIDIA