Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Pelaku e-commerce Raup Rezeki Jelang Lebaran

20 Juni 2016
in News
Reading Time: 1 min read
Gudang

Pasar e-Commerce Makin Berkembang, KIOS Terus Tambah GudangPintar (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Permintaan barang menjelang lebaran meningkat. Pertumbuhan jumlah transaksi tercatat 18-20 % dibandingkan bulan-bulan di luar Ramadan.

Misalnya saja dalam laporan perusahaan Olx Indonesia terjadi peningkatan jumlah permintaan.”Kalau di Olx jumlah listing dan barang listing cenderung naik,” kata Daniel Tumiwa, CEO Olx Indonesia baru-baru ini.

Dia mengungkapkan tren itu lantaran munculnya fenomena dari konsumen yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan menjelang lebaran. ”Harga barang-barang yang ditawarkan saat Ramadan ini bahkan cenderung miring,” katanya.

Dia menilai, bulan Ramadan memang menjadi bulan pendek sebelum masuk lebaran yang berpengaruh terhadap fenomena pertumbuhan permintaan.

Pertumbuhan jumlah permintaan tersebut juga dialami oleh Tokopedia.com. Public Relation Tokopedia.com Siti Fauziah mengungkapkan peningkatan tersebut lantaran untuk menjawab kebutuhan masyarakat menjelang lebaran.

Baca juga :   LPP KUKM Gandeng PUM Belanda Bagi Peningkatan UKM Kulit

”Tapi pasca lebaran penjualan juga akan turun, biasanya beberapa toko di Tokopedia juga tutup. Hampir sama trennya dengan jualan secara offline ya,” ujar Siti.

Turunnya pertumbuhan pasca lebaran menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku e-commerce. Hal itu dirasakan betul oleh Olx Indonesia. Daniel mengungkapkan pihaknya perlu membuat rebound yang harus dilakukan secepat mungkin.

Jika dua tahun sebelumnya mampu disiasati dengan membutuhkan waktu 1,5 bulan, maka tahun kemarin membutuhkan waktu 3 pekan. ”Tahun ini kita target 1,5 minggu,” ungkapnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi e-commerce Indonesia mengungkapkan perlunya perhatian pemerintah terhadap pertumbuhan e-commerce di Indonesia.

Sebab, menurutnya dengan effort yang kecil, pemerintah dapat merasakan manfaat yang banyak. ”Dalam 12 bulan terakhir, pemerintah belum pernah memberi perhatian lebih besar dari industri,” ujarnya.

Baca juga :   Carousell Raih Pendanaan Seri B US$35 Juta

STEVY WIDIA

Tags: bliblie-commercee-commerce asinglebaranOLX
Previous Post

Transaksi Digital Bikin Produktivitas Meningkat

Next Post

Telkom Group Raih Penghargaan Asia Pacific ICT Awards

Related Posts

Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
Blibli dan Grab Hadirkan Green Delivery, Prioritaskan Layanan Dengan Kendaraan Ramah Lingkungan
Headline

Blibli Jaga Pertumbuhan Bisnis Dengan Ekosistem Perdagangan Omnichannel

15 September 2025
0
Load More
Next Post
Telkom Group Raih Penghargaan Asia Pacific ICT Awards

Telkom Group Raih Penghargaan Asia Pacific ICT Awards

Produk Indonesia Hadir di Pekan Ramadhan Malaysia

Produk Indonesia Hadir di Pekan Ramadhan Malaysia

Robot Eksplorasi UI Ke Kompetisi Internasional

Robot Eksplorasi UI Ke Kompetisi Internasional

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version