Pelaku UMKM Manfaatkan Festival Harbolnas Untuk Maksimalkan Transaksi

Peluncuran UC Harbolnas 12.12. (Foto: istimewa)

youngster.id - Festival hari belanja online nasional (Harbolnas) 12.12 kini memasuki tahun ke-8. Harbolnas merupakan puncak festival belanja online di Indonesia. Ajang ini menjadi peluang bagi pelaku UMKM untuk memaksimalkan transaksi hingga berlimpah melalui platform e-commerce.

Arshi Adini, Executive Director idEA, menjelaskan, pada 2020 terdapat lebih dari 250 platform online yang mendaftar dalam festival belanja online Harbolnas yang dikawal oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA).

“Harbolnas diharapkan dapat membantu roda perekonomian dengan mendorong daya beli konsumen dengan penawaran khusus, dan juga meningkatkan transaksi para pelaku usaha online di E-Commerce, termasuk para pelaku UMKM ini,” ungkapnya di sela Webinar ‘Road to Harbolnas 2020: Cara Jitu Raih Transaksi Berlimpah’, belum lama ini.

Data dalam dua tahun terakhir menunjukkan festival Harbolnas berhasil menaikkan transaksi hingga 200%. Pertumbuhan signifikan dalam kegiatan jual-beli online melalui Harbolnas memberikan ruang yang besar bagi para pelaku UMKM untuk tumbuh dan mendapat manfaat langsung berupa berbagai promo dari perbankan dan platform ecommerce maupun logistik selama masa pandemi.

Haikal Bekti Anggoro, SVP Traffic Operations & Sellers Engagement, Lazada Indonesia menjelaskan setelah mempelopori Harbolnas di tahun 2012 lalu, kali ini Lazada kembali memperkenalkan konsep festival belanja Harbolnas atau Tiga Hari Belanja Online Nasional.

Salah satu pendorong Harbolnas adalah komitmen Lazada dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Lazada sebagai upaya untuk menstimulasi perekonomian digital. “Kami memperpanjang periode festival belanja akhir tahun ini menjadi tiga hari untuk memastikan baik seller maupun konsumen bisa mendapatkan kesempatan lebih besar atas deal terbaik di tahun ini,” paparnya.

Tidak hanya itu, menurut Haikal, Lazada juga mempersiapkan sellers untuk menghadapi festival belanja akhir tahun 2020 Harbolnas ini dengan berbagai kegiatan. Selain melalui kegiatan rutin Lazada Club, seperti LazNongkrong, dan juga workshop dengan komunitas-komunitas sellers di kota-kota tujuan secara online.

“Kami juga kembali mengadakan acara sellers tahunan kami, Sellers Conference: Lazada Level Up di bulan September lalu secara online dan diikuti oleh lebih dari 12.500 sellers dari seluruh Indonesia. “Hal ini menunjukkan bahwa minat untuk menjadi sellers online sangat tinggi, terutama di tahun ini,” tutupnya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version