Pelatihan Digital Crafter Bagi Pengrajin Garut

YOUNGSTER.id - YOUNGSTERS.id – Saat ini, Internet dan digital e-commerce telah menjadi sarana pokok bagi upaya promosi produk Usaha Kecil Menengah (UKM). Sarana itu memungkinkan para pengrajin di setiap daerah dapat meningkatkan produktifitas dan memperluas jangkauan pemasaran.

Guna mendukung dan memberikan pelatihan cara pemasaran secara digital, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), PT XL Axiata Tbk (XL)  bersama Elevenia dan Bank BTPN melakukan pelatihan “digital crafter” kepada pengrajin di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Hadir dalam acara pembukaan pelatihan antara lain Ketua Penggerak PKK Kab Garut, Diah Kurniasari, Ketua Bidang Promosi, Humas dan Publikasi Dekranas, Triana Rudiantara, Manager Small Medium Enterprise (SME ) Accelerator XL Axiata, Laela Permata serta Chief Financial Officer (CFO) Elevania, Lila Nirmandari, di Garut, Selasa (2/2).

“Teknologi internet dan digital telah sedemikian maju dan menawarkan manfaat bagi upaya peningkatan nilai ekonomi produk asli rakyat, termasuk produk kerajinan. Sesuai dengan visi memajukan ekonomi digital Indonesia, kami sangat antusias ambil bagian dalam program pelatihan digital marketing bagi kawan-kawan pelaku industri kerajinan rakyat di Garut ini,” ujar Bambang Parikesit, Vice President XL Central Region.

Sementara itu, Ketua Bidang Promosi ,Humas dan Publikasi  Dekranas, Triana Rudiantara, berharap dengan pelatihan ini dapat memudahkan pengrajin Garut memasarkan produknya.

“Diharapkan kegiatan ini juga nantinya dapat diduplikasi pengrajin yang memiliki produk berkualitas di berbagai sentra kerajinan di seluruh Tanah Air,” ujar Triana.

Pada Oktober 2015 lalu, XL dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dalam pemanfaatan layanan internet dan digital. Kerjasama ini bertujuan untuk mengenalkan sekaligus mengembangkan kerajinan hasil usaha para perajin Indonesia. Layanan internet dan digital dipandang perlu sebagai sarana yang strategis untuk promosi produk kerajinan nasional agar bisa lebih dikenal oleh pasar yang lebih luas, termasuk secara global.

Pelatihan di Garut ini diikuti oleh sedikitnya 30 pengrajin yang terdiri dari sejumlah sektor kerajinan andalan Garut. Antara lain, pengrajin kulit, tenun sutra, batik, akar wangi, bambu, dan batu akik. XL akan memberikan perangkat telepon pintar dan paket data kepada pengrajin serta pelatihan pemanfaatan terkait internet secara singkat selama satu hari penuh yang berlangsung Selasa ( 2/2) bertempat di Pendopo Kota Garut.

Sebelumnya, XL sudah melakukan pengembangan website Dekranas sebagai portal informasi mengenai organisasi Dekranas sendiri, serta berbagai data mengenai perajin serta produk kerajinan yang diproduksi.

Sementara itu, Elevenia pada kesempatan ini  akan ikut memberikan pelatihan mengenai pemanfaatan e-commerce sebagai wadah mempromosikan dan menjual produk kerajinan. Bahkan, perajin sudah bisa mendaftarkan diri menjadi penjual di Elevenia dengan mendaftar melalui situs tersebut.

Adapun Bank BTPN akan membantu penyediaan pelatihan manajemen usaha agar para pengrajin memiliki ilmu yang cukup dalam memastikan proses produksi, distribusi dan penjualan berlangsung dengan baik.

 

ANGGI AJI SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA