Pemanfaatan Aplikasi Keuangan Meningkat

Asosiasi Fintech Indonesia. (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Penggunaan aplikasi keuangan di tahun 2016 meningkat 36% dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan, Korea Selatan (Korsel) dan Australia memiliki peningkatan hingga dua kali lipat.

Demikian laporan yang dilansir App Annie. SVP Research & Marcom App Annie, Danielle Levitas, mengatakan, jumlah unduhan (download) aplikasi keuangan di seluruh dunia mengalami peningkatan 100% selama dua tahun terakhir.

“Bahkan, di pasar Asia Pasifik, pertumbuhan tingkat unduhan aplikasi keuangan melampaui pertumbuhan tingkat unduhan untuk seluruh aplikasi non-game,” ujar Danielle dalam siaran pers Minggu (16/7/2017).

Danielle menambahkan, aplikasi memberikan peranan unik untuk memperdalam hubungan dengan konsumen dan menyediakan layanan keamanan transaksi keuangan yang mudah, aman serta personal.

“Bank pun mendapatkan keuntungan dengan adanya pengurangan biaya transaksi di cabang dan menciptakan peluang penjualan baru,” jelasnya.

Lebih lanjut, Danielle mengatakan, aplikasi, juga membuka jalan bagi pelaku financial technology (fintech) yang berpotensi melengkapi atau bahkan mengganggu layanan bank-bank mapan melalui layanan inovatif.

“Bank harus mengikuti perkembangan teknologi baru dan keinginan konsumen untuk mendapatkan pengalaman dalam menggunakan aplikasi terbaik di kelasnya. Bank yang gagal beradaptasi, akan ditinggalkan oleh konsumennya,” kata Danielle.

Peningkatan penggunaan aplikasi keuangan lebih dari 100% di seluruh wilayah dalam dua tahun terakhir.
“Industri keuangan di Asia Pasifik sangat berhubungan dengan perkembangan aplikasi mobile. Lebih dari 110 miliar sesi berlangsung di aplikasi Keuangan pada tahun 2016 melebihi sesi dari Amerika dan Eropa,” jelasnya.

Untuk kawasan Asia Pasifik, lanjut Danielle, aplikasi mobile telah diterapkan secara luas dengan berbagai tingkat seperti fully unbundled, some unbundling dan fully bundled. “Hampir semua bank terkemuka memiliki layanan transaksi dasar memanfaatkan aplikasi mobile,” tambahnya.

Tingkat pertumbuhan jumlah unduhan yang kuat dan konsisten selama dua tahun terakhir, kata Danielle, menunjukan masa depan cerah bagi pengembangan aplikasi mobile untuk menghasilkan peluang yang luar biasa.

“Bank harus mempersiapkan inovasi, investasi dan kemitraan dengan pelaku fintech agar tetap dapat bersaing dan menjadi kunci kesuksesan di masa depan,” pungkasnya.

STEVY WIDIA

Exit mobile version