Pembelian Tercepat di Tokopedia Play Terjadi Dalam 1,37 Detik

Tokopedia Play

Tokopedia Play. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Sejak diluncurkan pada 2020, kanal video streaming ‘Tokopedia Play’ terus memberikan panggung seluas-luasnya bagi pegiat usaha lokal untuk meningkatkan penjualan. Kanal ini juga menjadi penghubung antara penjual dan pembeli untuk memenuhi kebutuhan secara interaktif dan menghibur.

“Pada kuartal II 2022 terjadi peningkatan transaksi lewat Tokopedia Play sebesar hampir 1,5 kali lipat jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya,” ungkap Nirmala Rahmawati Hapsari Head of Content Marketing Platform Affiliate and Play dalam jumpa pers virtual, Selasa (19/7/2022).

Menurut dia, lewat Tokopedia Play, masyarakat bisa menikmati berbagai tayangan seru, seperti live shopping, olahraga, memasak dan masih banyak lagi. “Temuan yang juga menarik, salah satu pembelian tercepat pada Tokopedia Play terjadi dalam waktu 1,37 detik,” ujar Nirmala.

Berbagai manfaat juga bisa didapatkan para penjual, yaitu peluang promosi, membangun brand awareness, meningkatkan engagement toko dan penjualan, hingga dapat mengikuti berbagai kampanye dari Tokopedia Play untuk menggaet perhatian calon pembeli.

“Inisiatif ini merupakan upaya kami untuk terus relevan dengan kebutuhan dan perilaku masyarakat di era social commerce, dimana masyarakat cenderung mencari informasi atau inspirasi sambil berbelanja atau sebaliknya,” tambah Nirmala.

Menurut dia, produk kecantikan, kesehatan, perawatan tubuh, makanan dan minuman, serta peralatan rumah tangga menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia Play selama semester I 2022.

Hal ini sejalan dengan temuan tren belanja Tokopedia sepanjang semester I 2022. Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, sepanjang semester I 2022, kategori Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Fesyen, Kesehatan dan Elektronik menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia. Sementara, minyak dan buah menjadi beberapa produk harian yang paling banyak dibeli masyarakat.

“Melihat tren ini, Tokopedia terus berupaya menghadirkan berbagai inisiatif, misalnya Hyperlocal. Inisiatif tersebut mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, sehingga belanja produk kebutuhan harian bisa lebih efisien karena ongkir lebih terjangkau dan pegiat usaha lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh,” kata Ekhel.

Didorong oleh inisiatif Hyperlocal, Tokopedia mencatat wilayah Asmat, Tual, Jeneponto, Takalar dan Bantaeng merupakan beberapa wilayah yang mengalami peningkatan jumlah pembeli paling tinggi di Tokopedia selama semester I 2022 dibandingkan semester II 2021.

“Contohnya, transaksi paling jauh yang terjadi di Tokopedia sepanjang semester I 2022 adalah dari Bandung ke Jayapura,” ujar Ekhel.

Tokopedia juga mencatat wilayah dengan peningkatan transaksi antar pulau paling tinggi selama semester I 2022 terjadi antara Sulawesi-Papua, Papua-Jawa serta Papua-Bali dan NTT. Sementara beberapa wilayah dengan peningkatan transaksi paling tinggi pada semester I 2022, yaitu Pegunungan Bintang, Humbang Hasundutan, Jayawijaya, Takalar hingga Keerom.

 

STEVY WIDIA

 

Exit mobile version