youngster.id - Pemerintah menargetkan untuk menjadikan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia sebagai pemain utamanya dalam ekonomi digital. Untuk itu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan Kementerian Koperasi dan UKM beserta stakeholders terkait lainnya telah menggulirkan program “8 Juta UMKM Go Online”.
“Pelaku UMKM harus menjadi pemain utama dari perkembangan ekonomi digital di Indonesia. Kita punya target bagaimana menjadikan 8 juta UMKM ini go online pada tahun 2019,” kata Menkominfo Rudiantara, Rabu (15/11/2017) di Jakarta.
Dari data yang dihimpun Kementerian Koperasi dan UKM, dari 59,2 juta pelaku UMKM yang ada di Indonesia, baru sekitar 3,79 juta UMKM yang memanfaatkan platform online untuk memasarkan produk-produknya . Hal inilah yang akan terus didorong oleh pemerintah Indonesia, sehingga nantinya seluruh pelaku UMKM bisa ikut menikmati kemajuan ekonomi digital di Indonesia.
Untuk mewujudkan target 8 juta UMKM Go Online, pemerintah Indonesia juga bekerja sama dengan sejumlah marketplace online, di antaranya Lazada, Shopee, MatahariMall.com, BliBli.com, Bukalapak, Tokopedia, dan Blanja.com.
“Kami harapkan kolaborasi ini bisa menjadi kolaborasi yang berkesinambungan, dan mencapai visi kita bersama menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia pada 2020,” ujar Rudiantara.
STEVY WIDIA
Discussion about this post