Pemerintah Dorong Akselerasi Ekosistem Ekonomi Digital di Indonesia

Menteri Johnny G. Plate

Menteri Kominfo Johnny G Plate. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Pemerintah menyatakan siap memfasilitasi akselerasi pertumbuhan dan menyempurnakan kebijakan di bidang ekonomi digital. Berdasarkan studi pada 2020, pada 2025 Indonesia berharap diproyeksikan sebesar lebih dari US$ 124 Miliar atau sekitar 40% nilai digital ekonomi di Asia Tenggara.

“Ekonomi digital hadir sebagai ruang ekonomi yang menjadi titik temu bagi para pelaku ekonomi, penggerak teknologi, pemerintah, serta masyarakat umum untuk meningkatkan taraf hidup melalui upaya peningkatan efisiensi dan produktivitas, menciptakan inovasi dan mendorong inklusivitas,” kata Johnny Plate Menteri Komunikasi dan Informatika dalam keterangannya, Rabu (16/6/2021).

Upaya itu, menurutnya, dilakukan untuk mengoptimalkan potensi ekonomi digital Indonesia. Berdasarkan studi pada 2020, ekonomi digital Indonesia setidaknya sekitar US$ 44 Miliar. Diprediksi pada 2025 Indonesia berharap diproyeksikan sebesar lebih dari US$ 124 Miliar atau sekitar 40 persen nilai digital ekonomi di Asia Tenggara.

Menteri Johnny mengungkapkan ada tiga kunci untuk memajukan ekosistem ekonomi digital, khususnya di Indonesia, bagi seluruh pemangku kepentingan. Antara lain ketajaman acuity, agility, dan keberanian.

“Ketiga karakter tersebut diharapkan dapat terus menciptakan ekosistem ekonomi digital dengan ketangkasan yang luar biasa ambidexterity di Indonesia,” ucapnya.

Oleh karena itu, Menkominfo mengajak seluruh pemangku kepentingan menerapkan perilaku dan semangat yang sama. Dengan begitu, menurut Johnny, akan tercipta opsi-opsi serta langkah-langkah nyata strategis, namun praktikal yang bersifat antisipatif tanpa menunggu situasi genting maupun kritikal muncul ke permukaan.

“Kita perlu memastikan pemerintah memiliki kemampuan untuk menyempurnakan kebijakan-kebijakan maupun program-program berdasarkan interaksi yang terus dimutakhirkan dengan mempertimbangkan masukan dan rekomendasi dari rekan-rekan pelaku industri ekonomi digital Indonesia,” ucapnya.

Untuk itu Kominfo akan menggelar Forum Ekonomi Digital Kominfo, yang hadir sebagai platform komunikasi resmi antara pemerintah melalui Kemkominfo dan pelaku industri digital yang tidak hanya bertujuan untuk menyediakan wadah untuk berdiskusi serta berkolaborasi.

Menteri Johnny menegaskan forum itu juga ditargetkan untuk memperkuat semangat kerja tangkas, kerja terstruktur, dan berpedoman pada penciptaan langkah-langkah serta opsi-opsi antisipatif bagi pengembangan ekosistem ekonomi digital.

“Jadi, kita perlu memanfaatkan forum ini dengan gagasan-gagasan kreatif, antisipatif, sebelum terjadi diantisipasi terlebih dahulu,” ujar Menteri Johnny.

Ia menyatakan, forum itu akan diadakan secara berkelanjutan oleh Kemkominfo untuk dapat menjangkau seluruh pemangku kepentingan yang tergabung dalam ekosistem ekonomi digital Indonesia, baik dari para pelaku dari berbagai industri, lapisan masyarakat maupun instansi pemerintah lainnya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version