youngster.id - Pemerintah menargetkan 2 juta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa go digital hingga akhir tahun 2020. Target ini butuh dukungan dari semua pihak untuk bisa terwujud.
Salah satunya melalui program Kakak Asuh UMKM yang menggandeng platform digital Lazada. Staf Khusus Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Fiki C. Satari mengatakan, UMKM yang akan masuk ke e-commerce akan dilatih oleh UMKM yang sudah terlebih dahulu terdaftar di e-commerce tersebut.
“Kali ini pihak Lazada telah memiliki komitmen dan sudah berjalan terkait pendampingan merchant dari UMKM. Kakak Asuh ini bersama kemenkop dan Smesco ingin kita akselerasi lagi dan percepat lagi,” kata Fiki dalam siaran pers launcing program Pelatihan Kakak Asuh UMKM, Senin (15/6/2020).
Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika tercatat UMKM yang sudah masuk ke platform digital baru mencapai 8 juta UMKM atau sekitar 13%. “Target 10 juta UMKM on boarding pasar ke digital,” kata Nasrun Asisten Deputi Pengembangan Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM.
Menurut data center di Kementerian Koperasi dan UKM, pada Maret 2020 terdapat penurunan penjualan produk UMKM yakni sebesar 57%. Sehingga dengan adanya kerjasama dengan berbagai platform digital diharapkan target 10 juta UMKM tahun 2020 ini bisa tercapai.
STEVY WIDIA
Discussion about this post