youngster.id - PT Daya Intiguna Yasa Tbk atau “MR.DIY Indonesia”, mencatatkan kinerja keuangan yang solid pada kuartal pertama 2025 (Q1 2025), dengan pendapatan meningkat 57% year on year (YoY) mencapai Rp1,8 triliun. Capaian itu didorong oleh peningkatan jumlah transaksi dan ekspansi toko baru yang berkelanjutan.
MR.DIY Indonesia membukukan laba bersih Rp226 miliar naik 160% YoY, dengan peningkatan margin laba setelah pajak sebesar 5,0 pp. ke level 12,5%, mencerminkan keberhasilan Perseroan dalam meningkatkan efisiensi dan optimalisasi margin. Margin laba kotor turut menguat menjadi 56%, hasil dari upaya pengoptimalan operasional yang berkelanjutan.
Rika Juniaty Tanzil, Chief Financial Officer MR.DIY Indonesia mengatakan, perusahaannya terus menunjukan kinerja operasional yang sehat. Perseroan mencatatkan pertumbuhan arus kas operasional sebesar 91% menjadi Rp304 miliar, menegaskan posisi likuiditas MR.D.I.Y. Indonesia yang solid.
“Kinerja keuangan kami merefleksikan kekuatan model bisnis serta kedisiplinan dalam eksekusinya. Pada Q1 2025 Perseroan mencatatkan gearing ratio yang sehat sebesar 0,4x dan Return On Equity (ROE) sebesar 34%, mencerminkan efektivitas pengelolaan modal serta profitabilitas berkelanjutan. Kami terus memperkuat rantai pasok dan produktivitas toko untuk memastikan pertumbuhan yang efisien sekaligus mempertahankan standar layanan,” jelas Rika, dikutip Rabu (30/4/2025).
MR.DIY Indonesia mencatatkan pencapaian monumental atas dibukanya toko ke 1.000 di Bulukumba, Sulawesi Selatan, pada Februari 2025. Dengan tambahan 63 toko baru pada Q1 2025, jumlah toko MR.DIY Indonesia yang beroperasi mencapai 1.021 toko. Capaian ini memastikan perusahaan telah di jalur yang tepat untuk mencapai target setidaknya 270 toko baru pada 2025.
Edwin Cheah, Direktur Utama MR.DIY Indonesia mengatakan, di tengah kondisi makroekonomi yang dinamis, MR.DIY Indonesia terus menunjukkan ketangguhan bisnis dengan mencatatkan pertumbuhan pendapatan dan laba yang solid.
“Kami memasuki tahun 2025 dengan momentum kuat, berkat implementasi strategi bisnis yang disiplin dan ekspansi yang dijalankan secara strategis. Seiring dengan bertumbuhnya jangkauan kami di seluruh Indonesia, khususnya di wilayah-wilayah dengan akses terbatas terhadap layanan ritel modern, kami tetap berkomitmen untuk memberikan nilai tambah, aksesibilitas serta dampak positif jangka panjang kepada lebih banyak keluarga di Indonesia,” ujar Edwin.
Dalam melakukan ekspansi, MR.DIY Indonesia berfokus pada peningkatan aksesibilitas dengan memprioritaskan wilayah yang belum terlayani, termasuk kota – kota tier 2 dan 3, untuk memperluas akses masyarakat Indonesia terhadap perlengkapan rumah tangga.
Seiring pertumbuhan jumlah toko, MR.DIY Indonesia terus meningkatkan hubungan dan interaksi aktif dengan pelanggan, termasuk memanfaatkan momentum penting seperti Ramadan dan Idulfitri, yang dicapai melalui penawaran produk dan layanan yang disesuaikan dengan perubahan kebutuhan pelanggan. Upaya ini juga didukung oleh strategi promosi yang dikurasi serta peningkatan pengalaman berbelanja di setiap jaringan toko.
“Kami berkomitmen untuk terus tumbuh dengan bertanggung jawab. Kami berinvestasi pada upaya-upaya untuk mencapai pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan, yang turut berdampak pada masyarakat di tempat kami beroperasi, serta berkontribusi terhadap masa depan yang lebih berkelanjutan,” tutup Edwin. (*AMBS)
Discussion about this post