Penelusuran Trending di Google Sepanjang Tahun 2022

Year in Search - Google

(ki-ka): Livy Renata (Penelusuran trending teratas kategori "Siapa" 2022"), Alif "Apa itu cepmek" (Penelusuran trending teratas kategori "Apa" 2022),  Feliciana Wienathan Consumer Product Communications Manager Google Indonesia, Grace Tahir (Penelusuran trending teratas kategori "Siapa" 2022), dan Kanti, perwakilan Head of Social Media MD Entertainment (KKN Desa Penari “Kategori Film atau serial TV) ”di acara Google Year in Search 2022. (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Ada begitu banyak hal dan peristiwa terjadi di 2022 yang mendefinisikan Indonesia selama setahun terakhir. Tahun ini juga merupakan tahun yang penuh tantangan bagi Indonesia, tahun yang penuh dengan suka dan duka, tahun di mana bangsa-bangsa diuji untuk tetap bisa menciptakan terobosan nasional dan global.

Selama 22 tahun terakhir, Year in Search telah memberikan gambaran unik tentang apa yang kita semua di seluruh dunia pedulikan, apa yang menginspirasi dan membuat kita penasaran. 9 kategori yang diumumkan tahun ini, diantaranya: Mengapa, Apa, Tokoh, Lirik Lagu, Resep, Film / Serial TV, Peristiwa Nasional, Olahraga, dan daftar utama Tren Penelusuran secara keseluruhan.

Year in Search 2022 menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini dan mengalami peningkatan dalam periode yang berkelanjutan sepanjang tahun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Daftar Year in Search 2022 ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran.

“Tahun ini adalah tahun yang penuh dengan suka dan duka bagi masyarakat Indonesia. Banyak dari kita yang mengalami serangkaian peristiwa yang membuat kita harus bertahan dan menatap masa depan, mencari cara bagaimana kita dapat bangkit lebih tangguh, lebih bahagia dan terus bertumbuh. Terlepas dari itu, tahun ini juga dipenuhi oleh banyak hal yang patut kita syukuri dan banggakan, dimana kreatifitas, ketangguhan, dan persatuan Indonesia sungguh nyata,” jelas Feliciana Wienathan, Communication Manager, Google Indonesia, dalam keterangannya, Kamis (15/12/2022).

Untuk pertama kali di tahun ini, Google merilis kategori Olahraga yang melihat lebih jauh minat pencarian seputar kesehatan di Indonesia – dari tipe olahraga, nama penyakit, hingga tempat olahraga terdekat. Selain topik seputar kesehatan, keadaan ekonomi juga mencuri perhatian masyarakat mulai dari “mengapa harga bbm naik”, arti dari “resesi”, hingga “blt bbm”.

Tahun ini pun tak lepas dari rasa duka akan beberapa musibah yang melanda dari tragedi “Kanjuruhan”, “Eril ditemukan” hingga “Gempa” dahsyat yang menelan banyak korban jiwa. Terlepas dari semua itu, masyarakat Indonesia bersatu lebih dari sebelumnya. Hal ini dapat terlihat jelas ketika Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan “G20, atau momen kreatif yang membuat  kegembiraan bersama dan berkembang seperti “Citayam Fashion Week” dan “apa itu cepmek”.

Kreatifitas masyarakat Indonesia pun semakin marak dan relevan ke kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Dalam kategori Tokoh, masyarakat Indonesia mencari lebih banyak sosok yang memberikan inspirasi nyata dan sederhana dalam keseharian mereka seperti “Bunda Corla”, “Jesse Choi”, “Grace Tahir” dan “Kak Jill”; hingga film yang diangkat dari kisah nyata seperti  “KKN di Desa Penari”, “Miracle in Cell No.7” dan masih banyak lagi film/serial TV yang berhasil menjadi pencarian trending sepanjang tahun ini.

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini kategori Musik fokus akan pencarian seputar lirik lagu. Dari “Lirik lagu Ojo Dibandingke” yang dibawakan oleh penyanyi cilik bertalenta Farel Prayoga dari  hingga “Lirik lagu Hati – hati di Jalan” dari Tulus, pencarian seputar musik pun kian diwarnai oleh musisi dan genre lokal.

Tidak hanya musisi lokal menarik perhatian masyarakat Indonesia, tapi untuk pertama kalinya, musisi lokal Indonesia pun mencuri perhatian global. 3 dari 10 lagu yang masuk ke pencarian trending dalam kategori lagu, di Google di seluruh dunia, merupakan lagu Indonesia dengan genre yang penuh dengan kearifan lokal.

Diantaranya: “Joko Tingkir” oleh Farel Prayoga, “Tak Ingin Usai” oleh Keisya Levronka, dan “Satru 2” oleh Denny Caknan dan Happy Asmara. Selain musik, keindahan alam Indonesia pun mendapat perhatian masyarakat dunia, dimana Tanah Lot, Bali, Indonesia adalah salah satu penelusuran trending sepanjang tahun ini untuk “Tempat Pemandangan” di Google Maps – oleh orang di seluruh dunia!

Berikut adalah list Google Year In Search di Indonesia:

Apa: Apa arti Bestie, Apa itu cepmek, Artinya Healing, Apa itu love bombing, Apa itu kripto, Apa itu crush, Anxiety adalah, Resesi adalah, Apa itu paytren, Hepatitis akut

Mengapa : Mengapa dapat terjadi perbedaan waktu, Mengapa manusia menciptakan uang, Mengapa perbedaan itu ada, Mengapa ada daerah di bumi yang gelap, Mengapa berang-berang laut berpegangan tangan, Mengapa berang-berang laut berpegangan tangan, Mengapa bumi bulat, Mengapa Rusia dan Ukraina perang, Mengapa harga bbm naik, Mengapa minyak goreng langka.

Resep : Bekal sekolah, Sambal Bajak, Bir Pletok, Thumbprint Cookies, Nato, Escargot, Basreng, Es Semangka India, Rolade Ayam, Kue Bawang.

Film/ Serial TV : KKN di Desa Penari, Miracle in Cell No.7, Mencuri Raden Saleh, Pengabdi Setan 2: Communion, Kuntilanak 3, Ngeri Ngeri Sedap, Extraordinary Attorney Woo, Twenty-Five Twenty-One, Little Women, All of Us Are Dead.

0lahraga : Olahraga kardio apa saja, Olahraga dayung, Anggar olahraga, Toko peralatan olahraga terdekat, Aplikasi olahraga gratis, Olahraga tenis, Olahraga badminton, Outfit olahraga, Makan dulu atau olahraga dulu, Tempat olahraga terdekat.

Tokoh : Bunda Corla, Jesse Choi, Cipung, Kak Jil, Farel Prayoga, Jeje Slebew, Grace Tahir, Livy Renata, Bjorka, Ferdy Sambo.

Lirik Lagu : Lirik lagu Hati hati di Jalan, Lirik lagu Ojo Di Bandingke, Lirik lagu Glimpse of us, Lirik lagu Pink Venom, Lirik lagu Darari Treasure, Lirik lagu Until I Found You, Lirik lagu Kisah Sempurna, Lirik lagu Sang Dewi, Lirik lagu Made You Look, Arti lirik Sikok Bagi Duo.

Tren Keseluruhan : Apa arti Bestie, Citayam Fashion week, Gempa hari ini, G20, Deep talk, Love language, Gerhana bulan, BLT BBM, NFT, Hepatitis akut.

 

HENNI SOELAEMAN

Exit mobile version