Pengguna Facebook di Indonesia Tembus 115 Juta

Presiden Jokowi Ajak Facebook Dukung Ekonomi Digital Indonesia dan Sebarkan Pesan Damai. (Foto: ksp.go.id/Youngsters.id)

youngster.id - Meski skandal kebocoran data melanda Facebook, namun pamor media sosial itu masih besar. Buktinya di Indonesia, pengguna media sosial ini mencapai lebih dari 115 juta orang setiap bulan.

“Selama 14 tahun, perusahaan teknologi ini memiliki visi misi menghubungkan orang, sekarang yang sudah terkoneksi 1,36 miliar orang yang mengakses Facebook setiap hari,” ucap Ruben Hattari, Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia baru-baru ini di Jakarta.

Dia mengungkapkan, dari total 1,36 miliar pengguna yang mengakses setiap hari seluruh dunia, tutur Ruben, sebanyak 86% berasal dari luar AS.

Dengan menggemuknya pengguna Facebook kini, misinya pun berganti menjadi memberikan masyarakat Indonesia kemampuan untuk membangun komunitas dan membuat dunia menjadi lebih dekat.

“Facebook adalah platform agar bisa berinteraksi dan bertukar ide, fondasi memastikan berinteraksi berjalan sempurna, perlu menjaga keamanan komunitas kami,” tutur Ruben.

Platform berlogo warna biru itu berupaya memastikan penggunanya merasa aman dengan mendorong sikap yang sopan dan bertanggung jawab sembari meningkatkan ekspresi diri dan saling berbagi.

Baca juga :   2018, BEI Harap Lebih Banyak Startup Listing di Bursa

Menyadari besarnya pengguna, Facebook juga mendorong peningkatan literasi digital dan literasi berita agar masyarakat memiliki bekal pengetahuan serta dapat membedakan antara fakta dan informasi palsu yang beredar di platform daring.

Ruben menuturkan pihaknya berkomitmen penuh dalam kemitraan dengan komunitas, organisasi nirlaba dan mitra media untuk meningkatkan literasi digital dan literasi berita bagi pengguna internet di Indonesia.

“Tujuan kami dalam kemitraan ini adalah menciptakan pengalaman yang lebih positif, autentik dan aman bagi 115 juta lebih pengguna Facebook di Indonesia setiap bulannya,” tutur Ruben.

 

STEVY WIDIA