Rabu, 1 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Pengguna Internet RI Berlipat, Literasi Masih Kurang

20 Desember 2017
in News
Reading Time: 1 min read
Pemerintah Siapkan Sejumlah Solusi Pendukung Startup Tanah Air

Dirjen Aplikasi Informatika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan. (Foto: Stevy Widia/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Dalam kurun waktu 2012-2016, pengguna internet Indonesia meningkat lebih dari dua kali lipat. Pada 2012, pengguna internet Indonesia baru mencapai 63 juta. Namun, pada 2016, sudah melonjak menjadi 132,7 juta pengguna.

“Peningkatan pengguna internet ini, sayangnya, tidak dibarengi dengan literasi terhadap dunia digital,” kata Semuel Abrijani Pangerapan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, dalam ‘Diskusi Bareng Jurnalis dengan Dirjen Aptika Kominfo’, baru-baru ini.

Ia juga mengungkapkan, berdasarkan lembaga penelitian asal Kanada, Centre for International Governance Innovation (CIGI) terhadap 24 negara, salah satunya Indonesia, melalui Trusted in the Internet mengatakan, Indonesia berada di peringkat tujuh dunia yang ‘menelan mentah-mentah’ informasi dari internet.

Rinciannya, lanjut Sammy, 15% sangat yakin (strongly believe) dan 50% hanya yakin (believe) terhadap semua informasi yang dipublikasi di internet.

Baca juga :   Pengolahan Limbah Elektronik Komoditas Potensial

“Artinya, ada total 65% masyarakat Indonesia pengguna internet percaya semua sumber informasi dari internet. Jika dikalikan 132,7 juta, maka hasilnya sebesar 86,3 juta orang. Itulah pengguna kita,” ujarnya mengingatkan.

Meski begitu, Sammy menambahkan, ada ‘angin segar’ terhadap penggunaan internet positif, yakni 28 persen pengguna internet sangat percaya serta 53% percaya dengan informasi yang dipublikasi pemerintah.

“Kalau ditotal menjadi 81% atau sekitar 107,5 juta (setelah dikalikan 132,7 juta) masyarakat percaya apa yang diinformasikan oleh pemerintah,” tutur Sammy.

Menurut dia, bila suatu negara literasi digitalnya tinggi, maka masyarakatnya semakin tidak percaya informasi atau berita mentah yang tertera di internet. “Mereka akan melakukan pengecekan, apakah informasi ini benar atau hoaks (palsu). Informasi yang dipublikasi di internet antara lain media sosial, blog, maupun website,” tuturnya.

Baca juga :   Menkominfo akan Terbitkan Permen Perlindungan Data Pribadi

 

STEVY WIDIA

Tags: Literasipengguna internet di IndonesiaSemuel Abrijani Pangerapan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika
Previous Post

Tunas Friend, Kolaborasi Industri Otomotif dan Fintech

Next Post

Chpax Oxide, Kemasan Bioplastik dari Bulu Ayam

Related Posts

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi
Headline

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
0
TikTok
News

TikTok Dorong Minat Baca Lewat Tagar #SerunyaMembaca

20 Mei 2025
0
UNIQLO dan Maudy Ayunda Dukung Literasi Anak-Anak di SOS Children’s Village
News

UNIQLO dan Maudy Ayunda Dukung Literasi Anak-Anak di SOS Children’s Village

29 Juli 2024
0
Load More
Next Post
Chpax Oxide, Kemasan Bioplastik dari Bulu Ayam

Chpax Oxide, Kemasan Bioplastik dari Bulu Ayam

Harbolnas 2017 Kedepankan Bisnis UMKM

Transaksi Harbolnas 2017 Tembus Rp 4,7 triliun

Telkom Dinobatkan Sebagai The Most Trusted Company

Telkom Dinobatkan Sebagai The Most Trusted Company

Discussion about this post

Recent Updates

Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version